Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Apresiasi Rencana Perbaikan Kualitas Makanan untuk Warga Binaan di Lapas

Menkumham Supratman Andi Agtas berkesempatan untuk melihat-lihat sejumlah hasil karya kerajinan tangan yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pengamat Apresiasi Rencana Perbaikan Kualitas Makanan untuk Warga Binaan di Lapas
Ist
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas terkejut saat melihat langsung kondisi makanan yang diberikan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerhati Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansah sepakat dengan langkah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas yang akan memprioritaskan kenaikkan kualitas jatah makan bagi warga binaan.

"Perbaikan kualitas jatah makan bagi warga binaan di Lapas karena penting menjaga kondisi kesehatan para warga binaan," kata Trubus dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8/2024).




Trubus juga meyakini publik mendukung warga binaan lebih diberdayakan sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka dalam sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Sebenarnya, warga binaan di lapas ini dapat lebih diberdayakan untuk menghasilkan produk UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka," tuturnya.

Ia mencontohkan di Tiongkok, warga binaan di sana lebih diberdayakan.

"Oleh karena itu, harga bahan pokok dan pangan di sana lebih murah," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas terkejut saat melihat langsung kondisi makanan yang diberikan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta.

Didampingi Irjen Kemenkumham yang juga Plt Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, Dirjen Imigrasi Silmy Karim dan Kakanwil DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya mengunjungi Lapas Narkotika Cipinang untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana di sana

"Selama ini pandangan saya terhadap lapas itu buruk, tapi tadi pandangan itu berubah 180 derajat. Memang makanan yang diberikan berbeda dengan yang di luar sana, namun ternyata standar makanan di lapas ini jauh di atas ekspektasi saya," ujar Menkumham Supratman kala mengunjungi Lapas Narkotika Cipinang, Rabu (27/8/2024).

Dikatakan Menkumham Supratman, di era kepemimpinannya saat ini dirinya berharap bahwa ada standarisasi makanan yang harus dipenuhi masing-masing lapas.

Sehingga tidak ada lagi isu-isu makanan di lapas tidak layak dan sebagainya.

"Nanti saya bersama Pak Dirjen Pemasyarakatan akan membuat standarisasi makanan. Hal ini penting karena hal ini menyangkut keselamatan warga binaan dan nyawa manusia," cetusnya.

Selain soal makanan, kedatangan Menkumham Supratman Andi Agtas berkesempatan untuk melihat-lihat sejumlah hasil karya kerajinan tangan yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Dalam catatan Indopos, ini adalah kunjungan pertama Supratman ke lapas sejak dilantik oleh Presiden Jokowi menggantikan posisi Yasonna Laoly.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas