Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paus Fransiskus Akan Pakai Maung MV3 yang Disiapkan 5 Bulan Lalu Untuk Sapa Umat Saat Misa Akbar

Paus Fransiskus rencananya akan menggunakan kendaraan Maung MV3 buatan PT Pindad untuk menyapa umat Katolik saat Misa Akbar di Gelora Bung Karno

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Paus Fransiskus Akan Pakai Maung MV3 yang Disiapkan 5 Bulan Lalu Untuk Sapa Umat Saat Misa Akbar
AFP/TIZIANA FABI
Paus Fransiskus (tengah, di kursi roda) disambut saat kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus rencananya akan menggunakan kendaraan Maung MV3 buatan PT Pindad untuk menyapa umat Katolik saat Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan kendaraan itu juga telah dimodifikasi penambahan atap untuk acara tersebut.




"Memang benar bahwa Paus Fransiskus akan menggunakan mobil nasional buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3, untuk inspeksi menyapa umat dalam acara Misa Suci di GBK. Mobil ini sudah dimodifikasi dengan penambahan rooftop (atap) untuk perlindungan dari panas dan hujan," kata Edwin saat dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (3/9/2024).

Ia menjelaskan Maung MV3 merupakan gagasan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memenuhi kebutuhan kendaraan taktis bagi TNI.

Edwin mengatakan proses penyiapan kendaraan tersebut telah berlangsung sejak lima bulan lalu.

Baca juga: Di Tengah Kunjungan Paus Fransiskus, Densus 88 Tangkap Teroris di Bekasi dan Gorontalo

Ia juga mengatakan seluruh proses penyiapan kendaraan tersebut berdasarkan arahan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Proses penyiapan Maung MV3 buatan PT Pindad 32
Proses penyiapan Maung MV3 buatan PT Pindad yang akan digunakan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus untuk menyapa umat saat Misa Akbar di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Kamis (5/9/2024).
BERITA TERKAIT

"Proses penyiapan kendaraan ini dimulai sejak Mei 2024, dengan supervisi langsung dari Letjen TNI (Pur) Putranto selaku Komisaris PT Pindad dan bekerja sama dengan tim dari Vatikan," kata dia.

Baca juga: Paus Fransiskus Tolak Menginap di Hotel Mewah selama di Indonesia, Pilih Tempat Sederhana Ini

"Kita berharap persiapan ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia," kata dia.

Kunjungan Paus Fransiskus kali ini menjadi yang pertama, sebelumnya kunjungan Paus ke Indonesia terjadi saat kunjungan Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas