Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Spesifikasi Pesawat Airbus A330-941 yang Ditumpangi Paus Fransiskus dan Fasilitas untuk Penumpang

Jarak tempuh Roma-Jakarta sejauh 10.827 kilometer dengan lama penerbangan 12 jam 45 menit

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Spesifikasi Pesawat Airbus A330-941 yang Ditumpangi Paus Fransiskus dan Fasilitas untuk Penumpang
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (3/9/2024) pukul 11.26 WIB 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Pemimpin Umat Katolik Dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia,  Selasa (3/9/2024) sekitar pukul 11.30 WIB setelah melakukan perjalanan udara dari Vatikan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam lawatannya ke Indonesia, Paus Fransiskus tak menggunakan pesawat jet pribadi melainkan menumpangi pesawat komersial dari Italia.

Pesawat yang dinaiki Paus berjenis Airbus A330-941 yang dimiliki oleh maskapai penerbangan ITA Airways, maskapai nasional Italia yang menggantikan Alitalia.

Pesawat itu disewa atau dicharter oleh pemerintah Vatikan, karena negara kota itu tidak punya maskapai atau pesawat sendiri.

Berdasarkan situs flightradar24, Paus Fransiskus menumpang pesawat Airbus A330-941 registrasi EI-HJS dengan nomer penerbangan AZ4000 dan lama penerbangan 12 jam 45 menit.

Jarak tempuh penerbangan yang ditempuh adalah 10.827 kilometer atau setara 2 kali penerbangan Banda Aceh- Jayapura lalu kembali ke Aceh.

Diketahui jarak garis lurus antara wilayah paling barat dan timur Indonesia itu mencapai sekitar 5.121 kilometer.

Baca juga: 14 Benda yang Dilarang Dibawa saat Misa Agung Paus Fransiskus

BERITA REKOMENDASI

Data Flightradar24, Paus Fransiskus dan rombongannya terbang dari Roma, masuk wilayah udara Italia lalu melintasi laut Adriatik.

Lalu melintas udara Montenegro, Kosovo lalu Bulgaria lalu kembali melintasi laut Hitam lalu masuk wilayah Turki.

Selepas wilayah Turki, pesawat masuk wilayah udara Iran, Pakistan, dan masuk wilayah udara India dan melintasi udara Samudra Hindia lalu menyusuri Selat Malaka.

Pesawat juga sempat berada di wilayah udara Malaysia lalu mulai masuk wilayah Indonesia di atas pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi lalu masuk terbang di atas pulau Bangka.

Lalu pesawat masuk wilayah Provinsi Sumsel lalu masuk wilayah perairan laut Jawa dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

Spesifikasi hingga Fasilitas Pesawat

Pesawat yang dinaiki Paus Fransiskus merupakan jenis terbesar dalam keluarga A330neo buatan Airbus dengan konfigurasi antara 260 sampai 300 penumpang dalam 3 kelas, lebih besar dari versi -800.

Nama lain pesawat tipe ini adalah A339.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas