Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MAKI Tetap Yakin KPK Usut Tuntas Kasus Jet Pribadi Kaesang-Bobby meski Batal Klarifikasi

MAKI tetap yakin KPK bakal mengusut tuntas kasus jet pribadi Kaesang dan Bobby meski batal melakukan klarifikasi terhadap mereka.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nuryanti
zoom-in MAKI Tetap Yakin KPK Usut Tuntas Kasus Jet Pribadi Kaesang-Bobby meski Batal Klarifikasi
Tribunnews.com/ Ashri Fadilla
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman usai jadi saksi di persidangan etik Ketua KPK Nonaktif, Firli Bahuri Jumat (22/12/2023). MAKI tetap yakin KPK bakal mengusut tuntas kasus jet pribadi Kaesang dan Bobby meski batal melakukan klarifikasi terhadap mereka. 

TRIBUNNEWS.COM - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman tetap yakin dengan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengusutan kasus jet pribadi anak dan menantu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution meski batal melakukan klarifikasi.

Boyamin mengatakan pihaknya tetap menghormati segala langkah yang dilakukan lembaga antirasuah untuk mengusut kasus ini.

Dia percaya bahwa KPK masih bisa bekerja profesional dalam pengusutan kasus yang viral tersebut.




"Aku hormati langkah KPK, kita tunggu saja. Aku yakin KPK akan profesional menegakkan keadilan," tuturnya kepada Tribunnews.com, Senin (9/9/2024).

Seperti diketahui, KPK mengumumkan bahwa klarifikasi yang dilakukan terhadap Kaesang dan Bobby batal terkait viralnya foto mereka menaiki jet pribadi.

Untuk Bobby, juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto menuturkan pembatalan klarifikasi terhadap Wali Kota Medan itu lantaran adanya pengalihan laporan dari Direktorat Gratifikasi ke Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

"Penanganan dugaan penerimaan gratifikasi Saudara BN (Bobby Nasution) sudah tidak lagi berada di Direktorat Gratifikasi Kedeputian Pencegahan, karena sudah ada laporan yang masuk, maka difokuskan di Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM)," ujar Tessa pada Senin (9/9/2024), dikutip dari Kompas.com.

BERITA TERKAIT

Dengan adanya pengalihan laporan ini, Tessa mengatakan KPK tak dapat lagi memanggil Bobby untuk memberikan klarifikasi.

Hal itu lantaran laporan yang masuk perlu untuk diproses terlebih dahulu.

Baca juga: Usai Kaesang, KPK juga Batal Klarifikasi Bobby Menantu Jokowi soal Jet Pribadi, Ini Alasannya

Di sisi lain, Tessa mengatakan laporan yang diterima Direktorat PLPM KPK sudah masuk ke tahap penelaahan.

"(Jadi) bukan tidak fokus mengundang. Fokus penanganannya sudah beda direktorat.

Sementara, untuk Kaesang, Tessa juga sempat mengumumkan KPK batal untuk melakukan klarifikasi terhadap Ketua Umum PSI itu terkait jet pribadi yang dilaporkan diduga hasil gratifikasi.

Senada dengan Bobby, dia mengungkapkan pembatalan lembaga antirasuah melakukan klarifikasi karena pengusutan terkait dugaan gratifikasi Ketua Umum PSI akan dilakukan oleh Direktorat PLPM KPK.

Tessa mengatakan alasan perubahan itu karena pernyataan yang sempat disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata terjadi sebelum adanya laporan dari Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaedilah Badrun.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas