Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Berkantor di IKN Mulai Hari Ini, Menetap selama 40 Hari hingga Jelang Purnatugas 20 Oktober

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai berkantor di IKN hari ini, Selasa (10/9/2024). Istana bocorkan beberapa aktivitas yang akan dilakukan Presiden.

Penulis: Rifqah
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Jokowi Berkantor di IKN Mulai Hari Ini, Menetap selama 40 Hari hingga Jelang Purnatugas 20 Oktober
HO
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai berkantor di IKN hari ini, Selasa (10/9/2024). Istana bocorkan beberapa aktivitas yang akan dilakukan Presiden. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), mulai hari ini, Selasa (10/9/2024).

Orang nomor 1 di RI itu akan berada di IKN hingga sehari menjelang akhir masa jabatannya pada 20 Oktober 2024.

Jadi, Jokowi akan berkantor di IKN selama sekitar satu bulan lebih sepuluh hari, yakni dari tanggal 10 September hingga 19 Oktober 2024.




Di IKN nanti, Jokowi akan melakukan kegiatannya seperti biasa, termasuk memimpin rapat yang biasanya digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Istana melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, lantas menjelaskan alasan Jokowi memilih berkantor di IKN sebelum purnatugas.

Menurut Yusuf, alasannya adalah Istana Negara dan Istana Garuda sudah bisa digunakan.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara sudah jadi," kata Yusuf, Senin, (9/9/2024).

BERITA TERKAIT

Yusuf juga mengatakan bahwa aktivitas kerja Jokowi di IKN akan sama seperti biasanya, sebagaimana saat berkantor di Istana Merdeka, yakni melakukan rapat terbatas, rapat paripurna, atau audiensi dengan masyarakat.

"Kegiatan audiensi, rapat terbatas, sidang kabinet paripurna, Pengarahan dan lain lain adalah kegiatan yang sering beliau lakukan di Istana," katanya.

Jokowi Lakukan Sejumlah Agenda Sebelum Resmi Berkantor di IKN

Jokowi memang dijadwalkan berkantor di IKN mulai hari ini, tetapi ternyata Presiden masih memiliki sejumlah agenda yang harus dilaksanakan pada Selasa ini, seperti kunjungan kerja ke Aceh dan Sumatra Utara (Sumut).

Baca juga: Jokowi Berkantor di IKN Mulai Besok Selama 40 Hari

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

"Hari ini dan besok presiden masih di Aceh dan Sumut. Kemungkinan dari sana baru ke IKN lagi," katanya, Senin (9/9/2024).

Sebelum mulai berkantor di IKN, Jokowi juga berencana menonton pertandingan sepak bola terlebih dahulu.

Yusuf mengatakan bahwa Jokowi dijadwalkan menonton pertandingan Timnas Indonesia melawan Australia pada laga kedua Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas