Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Momen Kapal Selam KRI Cakra 401 Muncul di Permukaan Teluk Jakarta Dalam Rangka HUT ke-79 TNI AL

Kapal Selam KRI Cakra-401 tampak gagah tampil dalam atraksi yang berlangsung di Teluk Jakarta dalam rangka perayaan HUT ke-79 TNI AL.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Momen Kapal Selam KRI Cakra 401 Muncul di Permukaan Teluk Jakarta Dalam Rangka HUT ke-79 TNI AL
Tribunnews.com/ Mario Christian Sumampow
Kapal Selam KRI Cakra-401 saat muncul di permukaan Teluk Jakarta, Selasa (10/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal Selam KRI Cakra-401 tampak gagah tampil dalam atraksi yang berlangsung di Teluk Jakarta.

Atraksi ini disuguhkan gabungan TNI dari seluruh matra dalam rangka perayaan HUT ke 79 TNI AL.




Tampak Kapal Selam KRI Cakra-401 perlahan-lahan muncul ke permukaan dan menampilkan dirinya di depan banyak mata yang menyaksikan langsung dari atas kapal dr Radjiman Widyodiningrat-992.

“Upacara kali ini kita adakan agak beda dengan yang lainya, yaitu kita adakan di laut, tepatnya di Teluk Jakarta,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2024).

“Kemudian diadakan sailing pass terdiri dari 38 KRI dan beberapa pesawat yang dimiliki TNI AL dan juga hadir Kapal Selam KRI Cakra,” sambungnya.

Baca juga: HUT TNI AL Ke-79, Panglima Agus Subiyanto Pimpin Upacara di Atas Kapal Radjiman Widyodiningrat

Adapun beberapa penampilan yang ditunjukkan di antaranya adalah atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, simulasi pembebasan sandera dari gabungan pasukan khusus TNI AL, serta helikopter dan pesawat udara milik TNI AL.

BERITA TERKAIT

Kemudian 38 KRI yang tampil yakni mulai dari Kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, Kapal Layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boeat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 Pesud dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga Alutsista Strategis kekuatan bawah air Kapal Selam TNI AL.

Baca juga: HUT ke-79 TNI AL Digelar di Atas Kapal Radjiman Widyodiningrat-992, Bakal Ada Atraksi

Selain Alutsista milik TNI AL, kegiatan sailing pass ini juga akan diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basamas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII).

Sekitar 200 demonstrasi pasukan khusus TNI AL dikerahkan dalam atraksi ini, mereka terdiri dari personel pasukan elit dari satuan Detasemen Jalamangkara, Komando Pasukan Katak, serta Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir, dengan didukung dua unit unsur udara Cassa 212 dari Pusat Penerbangan TNI AL.

Meski sempat diselimuti awan gelap dan hujan, atraksi di Teluk Jakarta berjalan sukses.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas