Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementan Berharap Petani Bisa Tingkatkan Pemasaran Digital Hasil Komoditas di 13 Daerah Binaan

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui UPLAND Project menggelar pelatihan publikasi media kepada pendamping petani di 13 daerah binaan

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kementan Berharap Petani Bisa Tingkatkan Pemasaran Digital Hasil Komoditas di 13 Daerah Binaan
istimewa
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui UPLAND Project menggelar pelatihan publikasi media kepada pendamping petani di 13 daerah binaan di seluruh Indonesia. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui UPLAND Project menggelar pelatihan publikasi media kepada pendamping petani di 13 daerah binaan di seluruh Indonesia. 

Pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital hasil komoditas di daerah masing-masing. 




Hal itu disampaikan Project Manajer UPLAND Project Muhammad Ikhwan saat memberikan arahan kepada para peserta dalam pelatihan di Bogor.

Dia menilai, di zaman yang serba digital, pelatihan pemasaran perlu digalakkan untuk meningkatkan kompetensi para pendamping UPLAND Project. 

"Sekarang sudah zamannya digital, konvensional ya mungkin beberapa produk. Meskipun sampai sekarang semuanya sudah beralih ke pemasaran digital, marketplace, online dan macam-macam lah seperti itu," kata Ikhwan dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024). 

Ikhwan menekankan pentingnya pelatihan pemasaran digital di era saat ini. 

BERITA TERKAIT

Meskipun beberapa produk masih menggunakan pemasaran konvensional, dominasi pemasaran digital menjadi sangat penting untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Ikhwan berharap bahwa setelah pelatihan, pendamping dari 13 lokasi UPLAND, termasuk penambahan Cirebon tahun depan, dapat beradaptasi dengan strategi pemasaran digital.

"Perubahan dari pemasaran konvensional ke digital merupakan langkah penting untuk memastikan produk kita dapat bersaing di pasar online," ujarnya.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan bekal yang memadai bagi peserta untuk menerapkan strategi yang telah dipelajari di daerah masing-masing. 

Ikhwan menegaskan pentingnya tindak lanjut setelah pelatihan agar hasilnya dapat diimplementasikan dengan baik.

UPLAND Project, yang awalnya direncanakan berakhir pada 2024, kini diperpanjang hingga 2026 dengan pertimbangan dana dan kebijakan pemerintah. 

Proyek ini telah melibatkan investasi sebesar Rp1,8 triliun, dengan alokasi untuk pelatihan dan pengembangan infrastruktur yang signifikan. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas