Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ke Rusia & Uzbekistan, Megawati akan Beri Kuliah Umum hingga Ziarah Makam Imam Besar Al Bukhori

Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ke Rusia & Uzbekistan, Megawati akan Beri Kuliah Umum hingga Ziarah Makam Imam Besar Al Bukhori
HO
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tiba di Bandara Pulkovo, St Petersburg, Rusia, Sabtu (14/8/2024) malam waktu setempat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan tiba di St. Petersburg, Rusia pada Sabtu (14/9/2024) malam waktu setempat.

Megawati akan melakukan sejumlah kegiatan di kota kelahiran Presiden Rusia, Vladimir Putin.




Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto selepas keberangkatan Megawati, di Jakarta pada Sabtu (14/9/2024).

Hasto mengatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah bersama Rokhmin Dahuri, akan ikut mendampingi Megawati. Turut juga Anggota DPR RI Herman Herry.

Baca juga: Soal Rencana Pertemuan Prabowo-Megawati, Ini Kata Elite Gerindra dan PDIP

Hasto menyebutkan Megawati akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum.

Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal akan melakukan agenda di kampus St. Petersburg State University.

BERITA TERKAIT

"Ibu Megawati akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut," kata Hasto.

Dihari berikutnya, Hasto menyebutkan Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Lalu, Megawati akan memberi Keynote Speech di Forum Rektor Universitas se-Rusia, dilanjutkan peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

Hasto mengatakan Rusia dan Indonesia memiliki sejarah panjang. Bahkan banyak peran Presiden Pertama RI Soekarno yang terkait Islam.

"Seperti pemulihan Masjid Biru di St.Petersburg dan penemuan makam Imam Besar Al Bukhori, di Samarkand, Uzbeskistan, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet," jelas Hasto.

"Presiden Putin juga memiliki kedekatan dengan Ibu Megawati saat menjabat sebagai Presiden RI," tambahnya.

Presiden Vladimir Putin menganugerahkan Bintang Persahabatan kepada Megawati Soekarnoputri atas jasa-jasanya mempererat persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia.

Penghargaan Bintang Persahabatan diserahkan Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mewakili pemerintah Rusia di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar pada 2 Juni 2021 lalu.

Sebagai kilas balik, Megawati saat menjabat Presiden RI bertemu dengan Presiden Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada 21 April 2003. Hal ini merupakan pertemuan kedua mereka.

Sebelumnya, Putin bertemu Megawati di Shanghai, China, dalam agenda KTT APEC pada 19 Oktober 2001.

Hasto melanjutkan usai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Besar Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan.

"Rencananya penganugerahan gelar doktor kehormatan (Dr.H.C.) dari Silk Road University, Samarkand, pada Sabtu, (21/9/2024)," jelas Hasto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas