Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Munaslub Kadin Disebut Gerakan Menghancurkan Semangat Inklusivitas dan Kolaborasi

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang LHK Silverius Oscar Unggul mengatakan, sejak Arsjad Rasjid mengambil alih tampuk kepemimpinan sebagai Ketua Umum Kadin

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Munaslub Kadin Disebut Gerakan Menghancurkan Semangat Inklusivitas dan Kolaborasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN)?Arsjad?Rasjid?bersama sejumlah perwakilan KADIN Provinsi bersiap memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Minggu (15/9/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang LHK Silverius Oscar Unggul mengatakan, sejak Arsjad Rasjid mengambil alih tampuk kepemimpinan sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, organisasi ini telah mengalami transformasi mendalam.

"Di bawah kepemimpinannya, semangat kolaborasi dan inklusivitas tidak hanya menjadi jargon semata, tetapi juga telah diimplementasikan dalam berbagai kebijakan dan langkah nyata, membawa perubahan signifikan yang dirasakan oleh seluruh elemen organisasi," kata Oscar dalam keterangan yang diterima, Minggu (15/9/2024).

Menurutnya, langkah awal yang diambil Arsjad adalah menyatukan kembali Kadin, yang sebelumnya terpecah oleh dualisme selama lebih dari satu dekade.




"Upaya monumental ini tidak hanya menguatkan struktur internal organisasi, tetapi juga membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan, memungkinkan Kadin menjadi lebih solid dan bersatu dalam menjalankan misinya," ujarnya.

Oscar menjelaskan, Arsjad juga mendorong terciptanya kepemimpinan yang lebih inklusif di tubuh Kadin.

Susunan kepengurusan yang beragam, mulai dari Wakil Ketua Umum yang berasal dari berbagai latar belakang partai politik dan keahlian, hingga representasi yang lebih luas dari sektor UMKM, menjadi bukti nyata dari upaya ini.

Saat ini, lebih dari 85 persen anggota Kadin adalah pengusaha UMKM, dengan mayoritas berasal dari usaha mikro, kecil, dan ultra mikro.

BERITA TERKAIT

"Inisiatif ini tidak hanya memperkuat inklusivitas, tetapi juga membuka ruang yang lebih luas bagi pengusaha kecil untuk berpartisipasi dan berkembang," katanya.

Dia menjelaskan di bawah kepemimpinan Arsjad, Kadin Indonesia telah berhasil mengangkat semangat inklusivitas dan kolaborasi ke tingkat yang lebih tinggi, menciptakan ekosistem yang memungkinkan berbagai kalangan untuk bersinergi, bertumbuh, dan maju bersama pemerintah menuju Indonesia Emas 2045.

Namun, tidak semua pihak merasa nyaman dengan perubahan ini.

"Ada segelintir orang yang masih ingin mempertahankan Kadin sebagai organisasi yang eksklusif, tidak senang dengan semangat keterbukaan yang kini dibangun. Mereka berusaha merongrong kepemimpinan Arsjad, mencari-cari alasan untuk menjatuhkannya, meskipun harus mengabaikan aturan dan nilai-nilai organisasi yang ada," ujarnya.

Baca juga: Kursi Ketua Umum Kadin Didongkel, Arsjad Rasjid Melawan

"Optimisme dan semangat kolaborasi yang telah dirintis tidak boleh pudar. Perjalanan menuju inklusivitas dan kebersamaan ini adalah langkah yang harus terus diperjuangkan, demi KADIN yang lebih kuat dan lebih baik, untuk semua anggotanya, tanpa terkecuali," tambah Oscar.

Diberitakan, Kadin mengalami kisruh dengan adanya Munaslub yang digelar di St Regis, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September 2024.

Munaslub yang digelar secara tiba tiba tersebut memilih Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum.

Munaslub tersebut ditolak Arsjad Rasjid yang merupakan Ketua Umum periode 2021-2026.

Ia menilai Munaslub tersebut tidak sah dan melanggar AD/ART.

Pihaknya kata Arsjad akan mengkaji untuk mengajukan upaya hukum terkait adanya Munaslub tersebut. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas