Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Investor Asing Tanam Modal di IKN, Jokowi: Bukti Bahwa Nusantara Tempat Menarik Untuk Investasi

Jokowi mengatakan investasi dunia internasional di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi bukti bagaimana IKN menarik untuk ditanamkan investasi.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in 3 Investor Asing Tanam Modal di IKN, Jokowi: Bukti Bahwa Nusantara Tempat Menarik Untuk Investasi
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Presiden Jokowi usai melakukan Groundbreaking Delonix Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, (25/9/2024). Ia menyikapi tindakan Israel serang Lebanon. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa investasi para pihak swasta khususnya dunia internasional di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi bukti bagaimana IKN menarik bagi investor.

Hal itu dikatakan Jokowi usai melakukan lima Groundbreaking proyek di Ibu Kota Nusantara.

Tiga dari lima pelatakan batu pertama tersebut merupakan investasi asing di IKN.

"Ini menunjukkan kepercayaan dari investasi, baik lokal, domestik, maupun internasional bahwa Nusantara memang tempat yang sangat menarik untuk investasi," kata Jokowi di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Adapun investor pertama di bidang pendidikan yakni Australia Independent School Nusantara. Kedua di bidang properti yakni Magnum Resort Nusantara dari Rusia, dan terkahir di bidang properti yakni Delonix Nusantara dari China.

"Tapi urusan untuk yang fasilitas kepemerintahan memang semua ditangani oleh pemerintah," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Jokowi menekankan banyak Letter of Intent (LoI) investor asing di IKN, dan hal itu sudah diseleksi dan discreening. 

"Tidak semua masuk langsung iya, ini masuk iya, ini masuk iya, disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada di IKN. Akan terbangun sebuah ekosistem yang baik sehingga Nusantara menjadi lokasi yang menarik," ujarnya.

Jokowi mengatakan proses groundbreaking bukan yang terakhir menjelang masa jabatannya berakhir. Dia menyebut bisa saja groundbreaking terus berlangsung ke depan.

"Ya belum tentu. Nanti jangan-jangan seminggu lagi banyak yang ingin," ujarnya.

Sebelumnya, Diketahui, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyiapkan 493 bidang tanah seluas 2-3 hektare untuk investorbaru yang akan diluncurkan pada pekan depan. 

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Nusantara Mall Duty Free di IKN, Kalimantan Timur

"Tadi pagi saya dilapori oleh kepala OIKN dan Wakil Kepala OIKN ada sudah disiapkan 493 bidang seluas 2-3 hektare yang akan kita launching untuk bisa investasi masuk lagi," kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas