Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI akan Dihadiri Pimpinan Negara G20 hingga Liga Arab

Tak hanya itu, kata Muzani, sebagian kepala negara dari G20 juga akan diundang untuk hadiri pelantikan Prabowo. Termasuk, negara-negara yang termaktub

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI akan Dihadiri Pimpinan Negara G20 hingga Liga Arab
RIA Novosti
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto saat bertemu di Moskow. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih RI disebut akan dihadiri sejumlah negara. Nantinya, mereka akan diundang dalam prosesi pelantikan Prabowo pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan undangan pertama diberikan kepada pimpinan negara-negara yang berada di kawasan Asean. Termasuk, seluruh negara yang berada di asia tenggara.

"Tradisinya negara-negara Asean biasanya diundang. Mitra Asean diundang, dan negara-negara yang menjadi sahabat dari calon kepala negara yang akan dilantik juga diundang," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Tak hanya itu, kata Muzani, sebagian kepala negara dari G20 juga akan diundang untuk hadiri pelantikan Prabowo. Termasuk, negara-negara yang termaktub dalam liga Arab.

"Insya Allah diundang. Jordan, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirate Arab. G20 sebagian diundang," jelasnya.

Ia menjelaskan, kewenangan dalam mengundang tamu dari negara lain merupakan tugas dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

BERITA REKOMENDASI

Namun secara verbal, Prabowo sudah mengundang negara-negara itu dalam lawatannya ke sejumlah negara di dunia beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Bulan Depan jadi Presiden, Begini Sambutan Kedatangan Prabowo di DPR

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada satu pun negara yang sudah mengkonfirmasi keterangan akan hadiri pelantikan Prabowo.

"Belum. Ini baru rancangan sementara. Nanti akan disampaikan pihak kementerian luar negeri, termasuk dari MPR pada waktu ada kesediaan dari negara-negara tersebut apa saja, berapa jumlahnya," pungkasnya.

Adapun rencananya Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka akan melakukan sumpah atau janji jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu 20 Oktober 2024.

Hal itu berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Pelantikan Prabowo-Gibran rencananya digelar di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

Baca juga: Gagal Kembali ke Senayan, Legislator PKS Mulyanto Bakal Fokus ke Partai dan Jadi Akademisi

Prabowo mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024.

Prabowo memperoleh 96.214.691 suara atau 58,59 persen suara. Dia unggul dari pasangan Anies-Muhaimin Iskandar memperoleh suara 40.971.906 atau 24,95 persen dari suara sah. 

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengumpulkan 27.050.878 suara atau 16,47 persen dari suara sah. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas