Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siapa Juha Christensen terkait Pembebasan Pilot Susi Air? Kini DPO TPNPB-OPM & Dilarang Masuk Papua

Sebby Sambom mengingatkan kepada Juha Christensen untuk tidak memasuki wilayah Papua.

Penulis: Dewi Agustina
zoom-in Siapa Juha Christensen terkait Pembebasan Pilot Susi Air? Kini DPO TPNPB-OPM & Dilarang Masuk Papua
Istimewa
Nama Juha Christensen kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) - Organisasi Papua Merdeka (OPM) lantaran terlibat dalam pembebasan pilot Susi Air Philips Mark Methrtens. Foto Juha Christensen saat bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Nama Juha Christensen kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) - Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Juha Christensen adalah warga negara Finlandia yang disebut-sebut turut andil dalam pembebasan pilot Susi Air Philips Mark Methrtens pada 19 September lalu.

Philip sebelumnya disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya dan pasukannya di Kabupaten Nduga, Papua karena telah memasuki wilayah perang.

Pilot asal Selandia Baru itu disandera selama 17 bulan lamanya sejak 7 Februari 2023 lalu sebelum akhirnya dibebaskan.

Baca juga: Pembebasan Pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens Pakai Uang Tebusan? Ini Kata Menko Polhukam

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangannya menyebut Juha Christensen ikut memainkan perannya bersama Pemerintah Indonesia sebagai negosiator pembebasan Pilot Susi Air.

Selain itu, Markas Pusat KOMNAS TPNPB juga memberikan sanksi kepada Egianus Kogoya dan pasukannya.

Egianus dan pasukannya disanksi karena telah memberikan akses seluas-luasnya kepada Juha Christensen untuk memasuki wilayah zona merah di Nduga dalam misi pembebasan Kapten Philips Mark Merthens.

BERITA REKOMENDASI

Sebby menuding Kapten Philips dibebaskan tanpa mengikuti protokol pembebasan sandera sesuai proposal TPNPB yang telah diumumkan sejak 17 September 2024.

"Dalam hal itu kami dari Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB juga memberikan penjelasan sedikit kepada seluruh pejuang Papua Merdeka dari aktivis sipil, militer, diplomat dan seluruh pimpinan politik Papua Merdeka bahwa; Juha Christensen adalah aktor di balik redanya situasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) karena ikut terlibat bersama Pemerintah Indonesia dalam memainkan perannya menjadi fasilitator sejak tahun 2005 dalam konflik GAM dan Pemerintah Indonesia hingga terjadinya perdamaian," beber Sebby.

Sebby juga mengingatkan Juha Christensen untuk tidak memasuki wilayah Papua.

"Karena anda akan menjadi target pasukan TPNPB di 36 Kodap se-tanah Papua," ujarnya.

Baca juga: Melacak Jejak Juha Christensen, Sosok yang Disebut-sebut Berperan Dalam Pembebasan Pilot Susi Air

Markas OPM menyampaikan kepada dunia Internasional, terlebih khusus PBB dan pemerintah Selandia Baru untuk segera melakukan investigasi pembunuhan terhadap Pilot Glenn Malcolm Conning di Alama, Mimika yang mengakibatkan korban meninggal dunia setelah ditembak oleh orang tak dikenal (OTK).

"Karena hingga sekarang pemerintah Indonesia belum mengungkap pelaku pembunuhan pilot warga negara Selandia Baru, dan ini masih menjadi pertanyaan kami TPNPB dan publik secara luas," ujarnya.

Siapa Juha Christensen?

Benarkan Juha Christensen terlibat dalam pembebasan pilot Susi Air?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas