Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Breaking News: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Ditetapkan Jadi Ketua MPR RI 2024-2029, Dilantik Besok

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani disepakati menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Breaking News: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Ditetapkan Jadi Ketua MPR RI 2024-2029, Dilantik Besok
Istimewa
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Ia ditetapkan menjadi Ketua MPRI periode 2024-2029 dan akan dilantik, Kamis (3/10/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani ditetapkan menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut diambil setelah para pimpinan fraksi partai politik di MPR dan kelompok DPD menyepakati nama Ahmad Muzani dalam rapat gabungan, pada Rabu 2 Oktober 2024.

"Telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon Ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah Calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya bapak H Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah saat jumpa pers di Komisi II, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu malam.

Nantinya, kata Basarah, Ahmad Muzani akan memimpin MPR RI didampingi delapan wakil ketua MPR RI.

Adapun para wakil ketua MPR RI itu akan berasal dari 7 pimpinan dari fraksi partai politik dan satu perwakilan kelompok DPD RI.

Baca juga: Komeng Tak Terlihat Saat Rapat Pleno Penentuan Calon Pimpinan MPR Dari Unsur DPD RI

"Beliau akan didampingi oleh 8 para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi politik di MPR," kata dia.

BERITA REKOMENDASI

Akan tetapi, hingga Rabu malam ini sekitar pukul 21.22 WIB nama untuk Wakil Ketua MPR RI unsur DPD RI belum disepakati jajaran DPD.

Lembaga tersebut kata Basarah masih melakukan rapat bersama di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Baca juga: Daftar Lengkap Susunan Pimpinan Fraksi MPR RI Periode 2024-2029, dari PDIP hingga PKS

"Yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukannya," ujar dia.

Lebih lanjut, Ahmad Basarah menyatakan, pelantikan untuk Muzani dan para wakil ketua MPR RI itu dijadwalkan pada Kamis (3/10/2024) besok.

Pelantikan tersebut rencana akan digelar di Ruang Rapat Paripurna MPR RI, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pukul 10.00 WIB.

"Jadi dengan demikian besok pukul 10.00 pagi kita harapkan teman-teman media dapat datang dan meliput untuk menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia besok akan terbentuk pimpinan MPR yang baru," tandas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas