Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AHY Digadang jadi Menko di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Apa Respons Ketua Umum Demokrat?

Pasalnya, dia menghormati apa yang menjadi keputusan Prabowo Subianto nantinya sebagai pemegang hak prerogatif.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in AHY Digadang jadi Menko di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Apa Respons Ketua Umum Demokrat?
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ditemui di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons soal kemungkinan dirinya akan menjabat sebagai salah satu Menteri Koordinator (Menko) di Pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Kata AHY, sejatinya dia enggan memberikan komentar terkait dengan isu tersebut. Pasalnya, dia menghormati apa yang menjadi keputusan Prabowo Subianto nantinya sebagai pemegang hak prerogatif.

Baca juga: Elite Demokrat Respons Kabar AHY Dapat Jatah Menteri Koordinator dari Prabowo

"Saya tidak mau komentar ke sana, karena sekali lagi kita menunggu, saya sangat menghormati pak Prabowo Subianto beliau yang akan menetapkan dan mengumumkan pada saatnya," kata AHY saat ditemui awak media di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Kendati saat dipastikan kembali soal bagaimana respons AHY terkait dengan isu tersebut, Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu menyatakan siap.

AHY mengungkap, kesiapan dirinya dalam posisi apapun nantinya di Kabinet Prabowo-Gibran.

Baca juga: Soal Jatah Menteri Prabowo: Demokrat Setor Nama AHY, PAN Prioritaskan Zulhas

"Beliau (Prabowo) yang akan memegang hak prerogatif untuk menentukan pemerintahan ke depan, saya prinsip nya siap dimana saja. Saya harus siap dimanapun saya ditugaskan," tandas AHY.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron menjawab kabar Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan diberikan amanah menjadi Menteri Koordinator (Menko) oleh presiden terpilih RI, Prabowo Subianto.

Menurutnya, keputusan itu merupakan kewenangan dari Prabowo selaku presiden terpilih. Saat ini, eks Danjen Kopassus itu sedang menyusun menteri yang akan masuk ke dalam kabinetnya.

"Kita serahkan semuanya kepada Pak Prabowo. Karena kan Pak Prabowo sedang menyusun. Dan tentu apapun nanti yang diputuskan nanti menjadi hak prerogatifnya Pak Prabowo sebagai presiden," kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (4/10/2024).

Namun begitu, Herman enggan berbicara lebih lanjut apakah nantinya semua ketum dari parpol KIM akan mendapatkan jatah Menko dari Prabowo.

"Ya kita serahkan kepada Pak Prabowo. Tetapi kalau pun itu diamanahkan kepada Mas AHY tentu insyaAllah akan dijalankan oleh mas AHY dengan baik," jelasnya.

Baca juga: Soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Herzaky: Demokrat Setor Nama AHY

Nantinya, kata Herman, Prabowo yang akan mengumumkan nomenklatur menko yang ada dalam kabinetnya. Sebaliknya, AHY pun siap jika ditugaskan menjadi Menko.

"Doakan saja mudah-mudahan beliau dipercaya dan diberikan amanah yang besar dan insyaAllah Mas AHY diberikan kepercayaan apapun bisa dijalankan dengan baik," pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas