Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akomodir Tuntutan, Pimpinan DPR RI Ungkap Bakal Gulirkan RUU Jabatan Hakim 

Kata Dasco, dengan adanya pembahasan RUU tentang Jabatan Hakim itu maka tuntutan terhadap kesejahteraan hakim bisa terpenuhi.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Akomodir Tuntutan, Pimpinan DPR RI Ungkap Bakal Gulirkan RUU Jabatan Hakim 
Istimewa
DPR RI menggelar audiensi dengan Solidaritas Hakim Indonesia di ruang Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). DPR RI menyatakan, akan melakukan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Jabatan Hakim. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, DPR RI menyatakan, akan melakukan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Jabatan Hakim.

Pernyataan itu disampaikan Dasco, usai pimpinan DPR RI menerima audiensi Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) yang menuntut kenaikan gaji.

Baca juga: Jimly Asshiddie: Gaji Hakim Harus Lebih Tinggi dari Kepala Daerah dan Anggota DPRD

"Ya, antara lain kita sudah sepakat tadi bahwa selain urusan mengenai kesejahteraan tunjangan dan lain-lain, ada beberapa hal yang perlu dikuatkan di dalam undang-undang jabatan hakim," kata Dasco saat ditemui awak media usai audiensi di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Kata Dasco, dengan adanya pembahasan RUU tentang Jabatan Hakim itu maka tuntutan terhadap kesejahteraan hakim bisa terpenuhi.

Baca juga: Prabowo Sepakati Naikkan Gaji Hakim: Dia Tidak Perlu Cari Tambahan

Tak hanya itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra tersebut menyatakan, dengan adanya RUU Jabatan Hakim tersebut maka para hakim bisa terjamin segala hal yang dituntut.

"Supaya kawan-kawan hakim seluruh Indonesia ini bisa terjamin dalam beberapa hal," tutur dia.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI dari fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sempat menelepon presiden terpilih RI, Prabowo Subianto saat audiensi bersama Solidaritas Hakim Indonesia (SHI). 

Eks Danjen Kopassus itu pun berjanji akan meningkatkan kesejahteraan hakim.

Audiensi puluhan hakim itu digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Selain Dasco, adapula Wakil Ketua DPR lain yaitu Adies Kadir dan Cucun Syamsurizal.

Mulanya, Dasco mendengar satu per satu curhatan para hakim yang berasal dari seluruh penjuru negeri. Lalu sebagai penutup, Dasco menelepon lewat ponsel kepada Prabowo.

"Pak ini dengan perwakilan hakim, mohon izin bicara Pak," ucap Dasco sembari mendekatkan suara ponselnya kepada mic.

Dari sambungan telepon itu, Prabowo pun berjanji akan memberikan kesejahteraan para hakim di Indonesia. Bahkan, Ketua Umum Partai Gerindra itu pun menyebut komitmen itu sudah disampaikannya sejak dulu.

"Saya memang menaruh perhatian yang sangat besar sudah sejak lama terhadap para hakim. Saya berpendapat bahwa yudikatif kita harus sangat kuat dan karena itu dari dulu pendapat saya saudara-saudara boleh cek di semua pidato saya, di berbagai tulisan saya, saudara bisa pelajari rekam saya, rekam jejak ucapan-ucapan saya," ucap Prabowo dalam sambungan telepon.

Baca juga: Hakim Protes Minta Naik Gaji, Ini Jawaban Jokowi hingga Prabowo

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas