Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Melihat Persiapan Pelantikan Prabowo-Gibran: Tak Pakai Tradisi Baru & 100 Ribu Prajurit Siaga

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan acara pelantikan Prabowo-Gibran akan sama dengan acara pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 5 tahun lalu

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah persiapan tengah dilakukan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10/2024).

Rencananya pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024 - 2029 akan digelar di gedung DPD-DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta mulai pukul 10.00 WIB.

Jelang pelantikan presiden dan wapres, hamparan karpet berwarna merah sudah dipasang kemudian mesin X-ray sudah berjejer di gedung DPR RI yang akan digunakan untuk memeriksa barang bawaan tamu yang akan hadir pada saat pelantikan itu.

Sementara itu 100 ribu prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara dalam rangka pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024.

Penjelasan Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan acara pelantikan Prabowo-Gibran akan sama dengan acara pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada lima tahun lalu.

Acara pelantikan tersebut akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB dan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

BERITA REKOMENDASI

Setelahnya, Ketua MPR RI akan menyampaikan pidatonya dan dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Kemudian pengucapan janji, sumpah oleh Presiden, dilanjutksn Wakil Presiden terpilih.

Setelah itu Prabowo akan menyampaikan pidato perdananya sebagai Kepala Negara yang akan didampingi oleh Gibran sebagai Wakil Presiden.

Setelah itu, acara akan dilajutkan dengan pembacaan doa dan penutupan sidang yang dipimpin Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Setelah acara pelantikan, Prabowo dan Gibran akan langsung menuju ke Istana Kepresidenan, Jakarta.


Prabowo dan Gibran rencananya akan diantar oleh para relawannya dari Gedung DPD-DPR-MPR RI menuju ke Istana Kepresidenan.

Arak-arakan ini juga akan dilakukan saat prosesi pengantaran Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas