Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Ingin Gunakan Maung Garuda sebagai Mobil Resmi Kenegaraan

Prabowo juga mengatakan, ia telah merencanakan, tidak hanya presiden, menteri/wakil menteri, hingga gubernur/wali kota juga bisa menggunakan Maung

Penulis: Reza Deni
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Prabowo Ingin Gunakan Maung Garuda sebagai Mobil Resmi Kenegaraan
Dok. PT Pindad
Mobil MV3 Garuda Limousine alias Maung Garuda yang dibuat PT Pindad (Persero) dan disiapkan untuk Presiden Prabowo Subianto saat pelantikan, Minggu (20/10/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto mengungkapkan keinginannya menggunakan kendaraan MV3 Garuda Limousine alias Maung Garuda sebagai kendaraan resmi kenegaraannya.

Prabowo menyampaikan kebanggaannya bisa menggunakan produksi mobil dari bangsa sendiri, bangsa Indonesia.

“Kehormatan bangsa, kebanggaan, sebaiknya kita bisa pakai produk kita sendiri,” kata Prabowo dalam keterangannya, Senin (28/10/2024).

Prabowo juga mengatakan, ia telah merencanakan, tidak hanya presiden, menteri/wakil menteri, hingga gubernur/wali kota juga bisa menggunakan Maung Garuda, agar sebagai bentuk kehormatan dan kebanggaan atas produksi bangsa sendiri.

“Jadi, saya sudah merencanakan kemungkinan besar nanti semua menteri, semua wakil menteri, dirjen, pejabat mungkin tingkat gubernur, bupati, wali kota, sebaiknya menggunakan kendaraan buatan bangsa Indonesia sendiri,” lanjutnya.

Seperti diketahui, kendaraan MV3 Garuda Limousine alias Maung Garuda produksi PT Pindad Bandung, Jawa Barat, ini telah beberapa kali digunakan Presiden Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan acara kenegaraan pasca-resmi dilantik sebagai Presiden RI.

BERITA REKOMENDASI

Kali pertama, ia menggunakan Maung Garuda saat perjalanan dari komplek MPR/DPR RI Senayan menuju Istana Kepresidenan di Jakarta, usai dilantik sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Kemudian, ketika Prabowo mengantarkan kepulangan Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, untuk kembali ke Solo.

Lalu, saat Prabowo menghadiri Retreat Kabinet Merah Putih, Prabowo juga gunakan kendaraan Maung Garuda itu untuk menyapa warga Magelang di sepanjang jalan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

“Ya saya suka saja, saya suka saja warnanya cerah, begitu,” kata Prabowo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas