Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

El Salvador Berencana Menerbitkan Obligasi Bitcoin Pertama pada Maret Mendatang

Pemerintah El Savador berencana menerbitkan obligasi bitcoin pertamanya yang siap diterbitkan pada pertengahan Maret

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
zoom-in El Salvador Berencana Menerbitkan Obligasi Bitcoin Pertama pada Maret Mendatang
PEXELS/WORLDSPECTRUM/Kompas.com
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, Cryptocurrency Ethereum. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan El Salvador Alejandro Zelaya mengatakan Pemerintah El Savador berencana menerbitkan obligasi bitcoin pertamanya yang siap diterbitkan pada pertengahan Maret mendatang.

Dikutip dari laman theblockcrypto.com, Kamis (10/2/2022), Zelaya menegaskan pemerintah berencana menerbitkan 1 miliar dolar AS untuk obligasi pertama seperti yang disebutkan sebelumnya pada 20 November lalu. Namun, Zelaya berharap obligasi itu akan mengalami kelebihan permintaan sekitar 500 juta dolar AS.

Baca juga: Kripto: Kisah para peretas memburu miliaran bitcoin yang hilang




Zelaya juga menambahkan, obligasi bitcoin akan menarik lebih banyak orang daripada obligasi tradisional karena memungkinkan pembelian minimal 100 dolar AS dan tidak perlu melalui pialang saham. Obligasi tersebut akan diterbitkan di sidechain Liquid Network Blockstream. Obligasi bitcoin ini juga akan mematuhi semua peraturan pasar keuangan seperti praktik know-your-customer (KYC) dan uji utas.

Pada 20 November lalu, Presiden El Salvador, Nayib Bukele berbagi panggung dengan Kepala Strategi Blockstream Samson Mow. Bukele mengungkapkan rencana untuk membuat kotamadya baru ramah kripto yang disbeut Kota Bitcoin.

Baca juga: IMF Minta El Salvador Hapus Bitcoin sebagai Alat Pembayaran, Presiden Nayib Balas Pakai Meme

Adanya kabar peluncuran obligasi bitcoin ini disambut dengan penuh semangat dan antusias oleh penggemar kripto, yang mungkin ingin membelinya untuk meninggalkan jejak mereka dalam sejarah.

Dana Moneter Internasional (IMF) dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan pemerintah El Salvador untuk pinjaman 1,3 miliar dolar AS, baru-baru ini juga mencatat bahwa beberapa direkturnya menyatakan keprihatinan atas risiko yang terkait dnegan penerbitan obligasi yang didukung Bitcoin.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, El Salvador memiliki obligasi senilai 800 juta dolar AS yang akan jatuh tempo pada Januari 2023 mendatang. Sedangkan obligasi Bitcoin pertama El Salvador akan memiliki kupon 6,5 persen dan jatuh tempo pada tahun 2031.

Bitfinex Securitis terdaftar sebagai bookrunner saat Bukele dan Mow mengumumkan obligasi tersebut. Perusahaan induk Bitfinex, iFinex Inc, mengeluarkan siaran pers yang menyatakan telah menutup kesepakatan dengan pemerintah El Salvador pada 19 November lalu yang menguraikan kolaborasi dalam penciptaan aset digital dan kerangka peraturan sekuritas untuk mengatur, menerbitkan dan mengoperasikan instrumen keuangan digital di El Salvador.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas