Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengakuan Rusia Atas Kemerdekaan Luhansk dan Donetsk Rontokkan Mata Uang Kripto

Semakin panasnya kondisi politik di perbatasan Rusia-Ukraina menyebabkan harga sejumlah aset kripto berguguraan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pengakuan Rusia Atas Kemerdekaan Luhansk dan Donetsk Rontokkan Mata Uang Kripto
IST
Ilustrasi aset kripto. 

TRIBUNNEWS.COM -- Semakin panasnya kondisi politik di perbatasan Rusia-Ukraina menyebabkan harga sejumlah aset kripto berguguraan.

Pengakuan Vladimir Putin atas dua wilayah Ukraina yaitu Luhansk dan Donetsk merdeka dari Ukraina jadi pukulan bagi bitcoin dan sebegian besar mata uang kripto.

Berdasarkan data CoinMarketCap pada Selasa (22/2/2022) pukul 12.10 WIB, harga Bitcoin turun 6,49% dalam 24 jam terakhir ke posisi US$ 36.724,77. Lalu, harga Ethereum melorot 8,03% menjadi US$ 2.520,69

Baca juga: Mengenal Mata Uang Kripto yang Kini Jumlahya Capai 10 Ribu Jenis di Dunia

Sementara harga XRP anjlok lebih dalam, mencapai 14,43% ke US$ 0,6815, Cardano merosot 15,41% jadi US$ 0,8271, dan Solana menukik 13,22% menjadi US$ 82,01.

Sedang harga mata uang kripto berbasis meme, Dogecoin dan Shiba Inu masing-masing jatuh 10,36% ke posisi US$ 0,1257 dan 13,99% jadi US$ 0,00002356.

Dalam pidato yang disiarkan langsung, Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dua republik pro-Rusia yang memisahkan diri di Ukraina Timur.

Baca juga: Benarkah Peredaran Aset Kripto Bisa Ancam Stabilitas Keuangan Global ?

Dia juga mengungkapkan alasan untuk menyerang Ukraina, dengan mengatakan bahwa Pemerintah Ukraina yang pro-Barat merupakan ancaman bagi Rusia.

Dalam beberapa pekan terakhir, investor yang khawatir telah mengadopsi lebih banyak strategi penghindaran risiko untuk mengantisipasi kenaikan harga energi serta sanksi oleh AS dan sekutu Eropanya terhadap Rusia.

Baca juga: Tokocrypto Dorong Literasi dan Edukasi Perdagangan Aset Kripto Lewat Aplikasi

BERITA REKOMENDASI

"Begitulah sensitivitas di pasar keuangan saat ini, kepercayaan sementara dapat menguap dengan cepat," kata Susannah Streeter, Senior Investment and Markets Hargreaves Lansdown.

"Dan, itulah yang telah kita lihat hari ini, setelah apa yang tampaknya menjadi kemerosotan lain dalam hubungan antara Rusia dan kekuatan Barat," ujar dia kepada CoinDesk. (SS Kurniawan)

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas