Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Makna Sandal Oren dan Hadroh, Pendukung Merasa Sama-sama Betawi dengan Bang Doel

Rombongan hadroh menyambut kedatangan Pramono-Rano dengan menyanyikan lirik-lirik bernarasi dukungan.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Makna Sandal Oren dan Hadroh, Pendukung Merasa Sama-sama Betawi dengan Bang Doel
Tribunnews/Ibriza Fasti Ifhami
Seni hadroh sambut kedatangan pasangan Pramono Anung-Rano Karno di acara Debat Perdana Pilkada Jakarta JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024) malam.  

 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Debat pertama calon gubernur (cagub) Jakarta, di JI Expo Kemayoran, pada Minggu (6/10/2024), satu di antaranya diramaikan oleh maskot sandal oren dan hadroh dari para pendukung paslon nomor urut 03, Pramono-Rano.

Rombongan hadroh menyambut kedatangan Pramono-Rano dengan menyanyikan lirik-lirik bernarasi dukungan kepada paslon yang diusung PDI Perjuangan tersebut.

"Tiga tiga, Jakarta Menyala, tiga menyala, Jakarta menyala," ucap para pendukung Pramono-Rano.

Di saat yang bersamaan, dua maskot berbentuk sandal berwarna oranye atau oren (sebagaimana sebutan warna oranye dalam bahasa Betawi) tampak berjoget ria saat Pramono-Rano tiba di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Masko sendal oren dan gemuruh alunan musik hadroh menemani ratusan pendukung Pramono-Rano yang hadir di luar gedung yang menjadi arena debat.

BERITA REKOMENDASI

Para pendukung tampak seperti lautan oranye. Hal tersebut dikarenakan warna kaos yang mereka kenakan.

Ditemui Tribunnews.com, perwakilan pendukung Pramono-Rano, Said, menjelaskan makna di balik maskot sendal jepit oren atau kerap disebut sandal jepit Bang Doel.

Kata Said, ia bersama kawan-kawannya dari organisasi Pemuda Kaum Betawi mulanya menawarkan konsep gimik kepada tim pemenangan Pramono-Rano.

Penawaran dari pihaknya itu didasari alasan, bahwa mereka merasa sama-sama berlatar belakang suku Betawi seperti Rano Karno alias Bang Doel.

Di sisi lain, sebagai organisasi kaum Betawi, kata Said, pihaknya merasa ingin memanfaatkan momentum pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat atas adanya organisasi mereka.

Baca juga: Diinisiasi Trimedya Panjaitan, Pendukung Pramono-Rano Karno Gelar Nobar Debat Perdana

"Kita melihat bahwa irisan terdekat dari Betawi itu adalah ke Bang Doel ya, Rano Karno. Dan inu momentum kita buag ambil bagian untuk ikut tampil di Jakarta," kata Said, saat ditemu Tribunnews.com, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024) malam.

Said menjelaskan, ide maskot berupa sandal jepit oren tersebut tercetus ketika pihaknya melakukan meeting atau rapat dengan tim pemenangan paslon 03, yang dihadiri langsung oleh Pramono-Rano.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas