Tribun

Masih Dibuka, Pendaftaran Festival Film Bulanan 2022, Catat Tanggalnya!

Sineas di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dapat berpartisipasi di acara Festival Film Bulanan.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Masih Dibuka, Pendaftaran Festival Film Bulanan 2022, Catat Tanggalnya!
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Festival Film Bulanan masih dibuka sampai 12 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

Sineas di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dapat berpartisipasi di acara Festival Film Bulanan.

"Ayo, daftarkan karya terbaik kalian di festival film bulanan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, pada Kamis (11/8/2022).

Setelah di Pulau Jawa, rencananya, acara serupa akan digelar di Kalimantan dan Sulawesi pada
bulan September.

Baca juga: Film Fall Akan Tayang 16 Agustus, Kisah 2 Sahabat yang Terjebak di Atas Tower

Sementara bagi sineas yang berdomisili di Aceh, Riau, Sumatera, dan Bangka Belitung bisa mendaftarkan karyanya pada bulan Oktober.

Lalu bagi sineas yang ada di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua bisa ikut serta di bulan November.

Menurut Sandiaga, penyelenggaraan festival film berdasarkan zonasi ini bertujuan supaya menjadi kegiatan dengan penyebaran social impact merata sehingga menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Kehadiran Festival Film Bulanan yang sebelumnya bernama Family Sunday Movie (FSM) ini diharapkan dapat menghidupkan ekosistem perfilman, membuka jalur distribusi karya para sineas daerah, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Bagi dua film yang berhasil menjadi Official Selection setiap bulannya, akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupa sertifikat, suvenir, publikasi di portal nasional, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf.

Baca juga: Menparekraf: Penerbangan Langsung Dari Luar Negeri Ke Bangka Belitung Akan Dibuka

Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan menjadi nominasi di Malam Anugerah Festival Film Bulanan yang akan diadakan pada akhir tahun.

Bagi peraih Official Selection FSM periode Februari hingga Juni lalu, Sandiaga juga mengimbau agar tidak perlu khawatir karena tetap akan menjadi nominasi pada Malam Anugerah Festival Film Bulanan bersama Official Selection periode Agustus sampai November.

"Buat generasi muda harapan bangsa, daripada jadi kaum rebahan, lebih baik ikut Festival Film Bulanan. Selamat berkompetisi dan tunjukkan eksistensi! Karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya”, tambahnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas