Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aplikasi GoPay Merchant Diluncurkan, Dukung Perjuangan UMKM Berkembang

GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan aplikasi GoPay Merchant yang memiliki beragam keunggulan.

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Aplikasi GoPay Merchant Diluncurkan, Dukung Perjuangan UMKM Berkembang
Istimewa
(Kiri ke Kanan): Adam Jodi Firmansyah, pemilik Toko Buah Adam Jaya, Haryanto Tanjo, Group Head of Merchant Services GoTo Financial, Hans Patuwo, Chief Operating Officer GoTo, Yennita Vera, pemilik Warung Dapur Cigeulis Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan merupakan salah satu aspek penting bagi para pelaku usaha. Namun, banyak pelaku usaha yang kesulitan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Tantangan-tantangan ini dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan bahkan menyebabkan kegagalan.

Untungnya, di era digital saat ini, mengelola keuangan usaha tak lagi ribet berkat kehadiran inovasi karya anak bangsa. Terbaru, GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan aplikasi GoPay Merchant.

Aplikasi teranyar dari GoPay fokus menghadirkan fitur-fitur untuk meningkatkan pengalaman UMKM untuk bisa mengadopsi pembayaran QRIS dengan lebih mudah dan cepat.  

Berdasarkan keterangan Bank Indonesia, per Desember 2023, jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS sebanyak 30 juta, dengan 80 persennya adalah UMKM. Meski demikian, masih terdapat kendala dalam penggunaan transaksi non-tunai di kalangan UMKM

Head of Merchant Services GoTo Financial, Haryanto Tanjo mengatakan, “Aplikasi GoPay Merchant hadir dengan misi membantu perjuangan UMKM dalam mengelola keuangan usahanya lebih baik.”

Haryanto pun mengungkapkan bahwa aplikasi GoPay Merchant memiliki beragam keunggulan. “Aplikasi ini menawarkan kemudahan mendaftar QRIS. QRIS bisa langsung jadi dalam hitungan detik setelah pendaftaran selesai. Selain itu, pedagang bisa mengatur jadwal pencairan uangnya kapan saja. Kami juga menawarkan perangkat GoPay Spiker sebagai opsi tambahan untuk membantu pedagang monitor transaksi yang diterima dari QRIS lewat notifikasi suara,” jelasnya.

Selain memberikan fleksibilitas pencairan saldo, aplikasi ini juga menghadirkan fitur GoPay Spiker untuk membantu pelaku usaha dalam mengetahui status transaksi QRIS yang diterima, hanya lewat suara.

BERITA TERKAIT

“GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan. Inovasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat,” tutur Haryanto.

“Pertama, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau transaksi tidak langsung masuk ke rekening. Kedua, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu. Dan ketiga, fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi,” papar Haryanto.

Manfaat GoPay Spiker turut dirasakan oleh Yennita Vera (Nita), pemilik Warung Prasmanan Dapur Cigeulis Jakarta yang menyediakan beragam menu prasmanan dengan harga terjangkau di Blok M Square Jakarta sejak 2019.

Baca juga: Nggak Perlu Khawatir Saldo Hilang, Ada Jaminan Saldo Kembali dari GoPay

“Ketika sedang di jam ramai, saya cukup mendengarkan suara dari GoPay Spiker untuk memastikan pembayaran telah masuk, sembari menyiapkan pesanan pelanggan. Selain mencegah transaksi palsu, melayani pelanggan jadi lebih efisien," ujar Nita.

Jika Anda ingin merasakan manfaat langsung dari GoPay Merchant, yuk download aplikasinya di Playstore atau App Store sekarang juga!

Kunjungi website ini untuk mengenal lebih dalam tentang keunggulan dan proses registrasi GoPay Merchant.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas