Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Volvo Kenalkan Truk Bertransmisi Mobil Sport Berkat I-Shift Dual Clutch

I-Shift Dual Clutch adalah pengembangan lebih lanjut dari I-Shift dan dapat digambarkan sebagai dua gearbox paralel-yang saling terhubung.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Volvo Kenalkan Truk  Bertransmisi Mobil Sport Berkat I-Shift Dual Clutch
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Volvo Trucks mulai memasarkan truk yang menggunakan  transmisi I-Shift Dual Clutch, transmisi yang banyak kesamaan seperti sebuah mobil sport.

I-Shift Dual Clutch diluncurkan di Eropa bulan Juni tahun ini  dan akan tersedia di semua pasar yang menjual Volvo FH dengan mesin Euro 6 D13 menghasilkan kekuatan 460, 500 atau 540 horsepower, mulai September 2014.

Transmisi ini memiliki cengkeraman ganda, yang berarti truk tidak kehilangan kecepatan di jalan atau torsi saat perubahan kopling. Volvo Trucks adalah produsen truk pertama di dunia yang mengembangkan jenis transmisi semacam ini untuk rangkaian seri kendaraan berskala berat.

“Untuk truk, transmisi kopling ganda ini adalah sebuah kemajuan besar, menawarkan pengalaman mengemudi yang lebih halus dan lebih mudah," kata Astrid Drewsen, Product Manager Drivelines di Volvo Trucks dalam keterangannya, Senin (6/10/2014).

Disebutkan,  makin  berat tugas transportasi, semakin sulit rute dan lebih banyak pergantian kopling, semakin besar manfaat yang Anda peroleh dari I-Shift Dual Clutch.

I-Shift Dual Clutch adalah pengembangan lebih lanjut dari I-Shift dan dapat digambarkan sebagai dua gearbox paralel-yang saling terhubung. Ketika salah satu kopling sedang aktif, kopling berikutnya akan segera dipilih di gearbox lainnya.

"Selama perpindahan kopling berlangsung, kopling pertama dilepas tepat di saat yang sama ketika kopling kedua dipindahkan, sehingga perpindahan kopling berlangsung tanpa gangguan terhadap kecepatan yang dihasilkan," katanya.

BERITA TERKAIT

Volvo memperkenalkan transmisi itu melalui tayangan di media Youtube berjudul  The Casino melalui rangkaian iklan berseri di tahun 2012 dan 2013.

Film ini telah disaksikan lebih dari 100 juta kali di Youtube, tidak hanya memperkuat Volvo Trucks sebagai sebuah merek, namun juga meningkatkan minat konsumen untuk memiliki sebuah Volvo Trucks.

 “Dengan film terkini mengenai transmisi terbaru Volvo Trucks, I-Shift Dual Clutch, kami terus melanjutkan komunikasi mengenai inovasi teknologi yang kami miliki dengan sebuah cara yang tidak hanya relevan dengan mereka yang tertarik dengan dunia truk namun juga relevan dengan publik yang lebih luas” kata Claes Nilsson, Presiden Volvo Trucks.

I-Shift Dual Clutch memiliki dasar transmisi I-Shift. Meskipun memiliki banyak komponen baru, unit barunya hanya berukuran 12cm lebih panjang dibanding sebuah I-Shift konvensional.

I-Shift Dual Clutch memindahkan kopling tanpa interupsi apapun dalam hal kekuatan yang dihasilkan saat dibutuhkan. Ketika mengemudi dalam kondisi yang optimal untuk melewatkan beberapa kopling, transmisi yang baru berlangsung seperti sebuah unit I-Shift reguler.

I-Shift Dual Clutch dapat mengubah kopling tanpa interupsi pada kekuatan yang dihasilkan di semua kopling dari perubahan yang beragam, khususnya saat perpindahan dari kolping 6 ke 7.

Maksud dari perpindahan kopling yang halus adalah penggunaan driveline dan hal lainnya dari kendaraan menjadi berkurang.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas