Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dual VVT-i Bakal Diadopsi Semua Mobil Keluaran Toyota di Indonesia

Indra menjelaskan, semua pengembangan model di Indonesia juga mengarah ke Fun to Drive

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Dual VVT-i Bakal Diadopsi Semua Mobil Keluaran Toyota di Indonesia
Car Advice
Sistem penggerak Toyota Prius 

TRIBUNNEWS.COM, UBUD – Di Frankfurt Motor Show pada September laluplatform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) diumumkan bakal menjadi masa depan pondasi sistem penggerak dan pengembangan kendaraan Toyota.

Cepat atau lambat penggunaan desain baru itu akan memengaruhi model-model yang dipasarkan di Indonesia.

TNGA merupakan standarisasi layout dan komponen yang bisa digunakan pada banyak model beda segmen. Konfigurasi TNGA lebih dinamis untuk ukuran model dan sistem gerak roda depan, roda belakang, atau semua roda.

Model pertama dengan basis TNGA adalah New Prius, disebut platform-nya bisa digunakan untuk beberapa model baru di masa depan.

Indra Setiawan, Manager Engineering Toyota Motor Manufacturing Indonesia, menjelaskan, TNGA memungkinkan penggunaan suku cadang yang sama. Kelebihan metode ini meninggikan tingkat efisiensi produksi dan akhirnya pada memudahkan perawatan mobil di tangan konsumen.

“Cuma harus hati-hati karena kalau ada satu yang salah, semua (model) bisa salah semua. Maka pengembangan harus dilakukan menyeluruh,” terang Indra di Bali, Jumat (4/12/2015).

Indra mengatakan TNGA akan dipakai Toyota di seluruh dunia pada 2020 termasuk Indonesia. Platform yang ada sekarang bakal diubah menjadi baru. Tentu logikanya, model-model yang kita lihat sekarang perlahan dirancang beralih ke “All-New” mengikuti TNGA.

BERITA TERKAIT

TNGA adalah kata kunci perubahan menyeluruh Toyota yang mengarah ke konsep “Fun to Drive”, seperti keinginan CEO Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda.

Karakteristik TNGA membuat mobil punya titik pusat gravitiasi lebih rendah untuk pengendalian lebih presisi dan berkendara responsif. TNGA bertugas mendukung itu tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.

Indra menjelaskan, semua pengembangan model di Indonesia juga mengarah ke Fun to Drive. Sambil menanti globalisasi TNGA, salah satu usaha yang telah dilakukan yakni menambah teknologi Dual VVT-i pada mesin bensin seperti pada unit 1.3L dan 1.5L pada Grand New Avanzadan 2.0L milik All-New Innova.

“Ke depan kita mau tidak mau harus Dual VVT-i buat semua model, ini salah satu ‘Fun to Drive’,” ujar Indra.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas