Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Isuzu Pamerkan Mimamori, Teknologi Manajemen Truk yang Bikin Truk Awet dan Hemat Bahan Bakar

Teknologi Mimamori ini dipamerkan di booth Isuzu di Hall 3 di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Isuzu Pamerkan Mimamori, Teknologi Manajemen Truk yang Bikin Truk Awet dan Hemat Bahan Bakar
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Anggit Gunawan, pengemudi truk Isuzu Giga dari PT Nissho Solution Indonesia, Jakarta, tampil sebagai juara pertama 'Mimamori Driving Contest 2018' 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG -  Pabrikan truk di Indonesia sejak sekitar beberapa tahun terakhir mulai memperkenalkan teknologi manajemen armada atau fleet management untuk memaksimalkan operasional truk yang mereka kelola.

Masing-masing pabrikan truk memberi nama berbeda. PT Isuzu Astra Motor Indonesia, agen pemegang merk truk dan bus Isuzu di Indonesia, menamainya dengan nama Mimamori.

Teknologi Mimamori ini dipamerkan di booth Isuzu di Hall 3 di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2-12 Agustus 2018.    




Melalui Mimamori ini pengusaha/pemilik truk dapat memonitor secara real time data tentang kondisi kendaraannya yang sedang dioperasikan. Misalnya, konsumsi bahan bakar, posisi kendaraan, rute yang dilintasi sampai gaya atau karakter pengemudi saat membawa truk tersebut di jalan.

Sebagai aset produktif perusahaan, Mimamori membantu pengusaha memaksimalkan operasional truknya dengan penggunaan Mimamori.

Baca: APV Jadi Tulang Punggung Ekspor Suzuki di Semester I 2018

Monitoring melalui Mimamori ini membuat truk menjadi lebih aman dan terhindar dari potensi kecelakaan, breakdown (truk rusak sehingga tidak dapat dioperasikan), dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Mimamori dapat diaplikasikan di truk medium duty Isuzu Giga yang dibekali dengan mesin Commonrail dan sudah dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM (Data Record Module).

BERITA TERKAIT

"Mimamori dapat merekam data pengoperasian, kemudian mengirimkannya secara berkala ke Server yang dapat diakses melaui website melalui PC, paptop, atau smartphone," ungkap Yohanes Pratama, General Manager Sales PT IAMI di booth Isuzu di GIIAS 2018, Kamis (9/8/2018).

Yohanes menjelaskan, Mimamori sudah dilengkapi dengan fitur GPS sehingga Customer dapat memonitor lokasi kendaraan secara real time.

"Customer juga dapat melihat histori perjalanan truk tersebut. Mimamori juga terkoneksi dengan Google Map sehingga dapat bermanfaat untuk melihat kepadatan lalu lintas dan pemilihan rute perjalanan yang efisien. Mimamori juga dilengkapi dengan Geofence, untuk memagari lokasi sebagai tujuan atau sebagai lokasi yang tidak boleh dimasuki," ungkapnya.

Kekuatan terbesar Mimamori terletak pada laporan-laporan mengenai kebiasaan mengemudi.

Laporan-laporan ini berguna untuk memastikan pengemudi truk dapat mengoperasikan truk secara aman dan efisien. Customer dapat memonitor konsumsi bahan bakar, kebiasaan cara pemilihan kecepatan, kebiasaan idling, kebiasaan penggunaan pedal gas, kebiasaan pengereman.

Dengan Mimamori, dapat dimonitor pula mengenai kebiasaan pengemudi dalam memilih  rpm mesin, dan kebiasaan pemindahan gigi, dimana kebiasaan-kebiasaan itu sangat mempengaruhi terhadap konsumsi bahan bakar.

Customer Isuzu pemilik truk Isuzu Giga dapat men-download report dalam bentuk .pdf dan .xls yang dapat sangat mudah dipahami.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas