Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

APM Mobil Eropa Mulai Waspadai Pergerakan APM Mobil China di Indonesia

"BMW memang bukan saingan mereka (mobil China) jadi beda segmen tidak pengaruh apa-apa untuk kami."

APM Mobil Eropa Mulai Waspadai Pergerakan APM Mobil China di Indonesia
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Wuling Almaz 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berkembangnya merek-merek mobil asal China di Indonesia, seperti Wuling dan DFSK, rupanya ikut menyita perhatian brand mobil asal Eropa, salah satunya BMW. Apalagi dalam progres pertumbuhannya, pabrikan asal China ini terbilang cukup cepat, tanpa perlu memakan waktu sampai belasan tahun.

Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania, menjelaskan, mengapresiasi gencarnya pertumbuhan pabrikan mobil asal China, bahkan sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari.

"Kalau dari BMW Group Indonesia memang sebenarnya tak bisa berikan komentar untuk brand lain. Tapi intinya persaingan itu bukan untuk dihindari, dengan kompetitor yang makin agresif kita juga sebenarnya makin kreatif. Intinya banyak hal yang bisa dipelajari," kata Jodie kepada media baru-baru ini di Bandung, Jawa Barat.

Jodie juga menjelaskan bila kehadiaran dari produk-produk asal China baik yang SUV maupun MPV, tidak akan memberikan dampak bagi pasar BMW di Indonsia. Kondisi ini dikarenakan terkait masalah segmentasi konsumen yang berbeda.

Baca: Usulan Baru Menkeu: PPN BM Kendaraan Bermotor Menjad di Bawah 3.000 cc dan di Atas 3000 Cc

"BMW memang bukan saingan mereka (mobil China) jadi beda segmen tidak pengaruh apa-apa untuk kami. Dari segi harga atau market itu berbeda, tapi ya selalu ada hal yang bisa dipelajari dari kompetitor lah," ujar Jodie.

Perkembangan brand asal China memang cukup merajalela dalam kurung waktu beberapa tahun terakhir. Salah satunya seperti Wuling yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk bisa masuk dan mulai mengambil kue penjualan di pasar Tanah Air.

Apalagi model-model yang diluncurkan oleh Wuling terbukti mampu menggoda minat beli dari masyarakat sampai perusahaan untuk kebutuhan operasional. Tidak heran bila Confero bisa masuk dalam daftar 10 besar mobil terlaris, dan brandnya berada di urutan keenam merek otomotif di 2018.

Artikel ini tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul  BMW Terus Pantau Pergerakan Merek China di Indonesia

Penulis : Stanly Ravel

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas