Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

New Carry Pick Up Lincah di Tanjakan Aman Saat Turunan

Presiden Direktur Sumber Baru Mobil, Hendra Kurniawan menyebut kapasitas New Carry Pick Up bisa mencapai 1 ton lebih.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in New Carry Pick Up Lincah di Tanjakan Aman Saat Turunan
Willy Widianto
Model bergaya di depan New Carry Pick Up di Kalikuning, Kaliurang 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah meluncurkan New Carry Pick Up Mei 2019 silam. Tribun sempat menjajal New Carry Pick Up 1500 CC saat mengikui agenda Fun Rally Games di kawasan Kaliurang, Selasa(18/6/2019).

Fun Rally Games diawali dari Melcosh Kaliurang, Yogyakarta, Batu Alien, Museum Sisa Hartaku dan Kali Kuning. Ada empat New Carry Pick Up yang sudah disiapkan.

Masing-masing New Carry Pick Up dibebani oleh beberapa barang di belakangnya, seperti kayu gelondongan, boks-boks besar tempat amplifier atau sound system, meja besar, kursi dan kontainer-kontainer tempat menyimpan berkas.

Presiden Direktur Sumber Baru Mobil, Hendra Kurniawan mengibarkan bendera start saat Fun Rally Games dimulai. Tribun kebetulan kebagian di mobil nomor urut 01 alias paling depan.

Begitu bendera start dikibarkan pedal gas diinjak dan wussss New Carry Pick Up melesat tanpa kendala berarti saat di tanjakan pertama.

Kesan pertama mengemudikan New Carry Pick Up adalah visibility yang jelas di posisi sopir juga penumpang. Kemudi setir alias handling juga lumayan enak.

Sementara itu, ruang kabin juga didesain lega dan bisa memuat tiga orang penumpang, ruang kaki lebih luas dan split seat dengan jok tebal.

BERITA TERKAIT

Tribun juga sempat menjajal pendingin udara New Carry Pick Up. Model tuas pengatur suhunya memang masih lawas alias Old School namun dengan adanya AC cukup nyaman mengemudikan mobil niaga jenis pick up ini.

Mobil tersebut juga sudah dilengkapi audio model single din dengan speaker berada di ujung dashboard sopir dan penumpang. Namun jangan harap suara yang keluar ciamik. tapi sudah cukup untuk kelas Low Pick Up seperti New Carry.

Suzuki New Carry Pick Up di Batu Alien Kaliurang
Suzuki New Carry Pick Up di Batu Alien Kaliurang

Dalam perjalanan menuju ke Batu Alien, jalan terus menanjak dan berkelok-kelok. Saat mengemudikan New Carry Pick Up seperti tidak ada masalah berarti walau ada beban di belakang.

Baca: Kendaraan Niaga Tetap Dominasi Penjualan Suzuki, Carry Sumbang 60 Persen

Tanjakan demi tanjakan berhasil dilahap dengan baik bahkan saat persneling berada di nomor 2. Namun, sayangnya tuas persneling New Carry Pick Up cukup keras. Saat perpindahan gigi satu ke gigi dua sang sopir butuh tenaga ekstra untuk melakukan perpindahan, sehingga terkadang ada hentakan.

Pedal kopling juga terasa sangat dalam saat diinjak, mungkin itu untuk membantu sopir saat melakukan perpindahan gigi kecepatan.

Memasuki kawasan Batu Alien, Tribun menemui jalan rusak yang belum diaspal. Jalan penuh batu-batu bekas letusan Gunung Merapi dan debu pasir vulkanik.

Melewati jalan tersebut New Carry Pick Up juga baik. Hanya saja bantingan yang cukup keras sangat terasa saat melewati jalanan berbatu tersebut.

Dengan ukuran ban R13, New Carry Pick Up cukup lumayan berjalan di jalanan berbatu dan berbasir namun sesekali mengalami slip.

Selama Fun Rally Games berlangsung, peserta test drive juga melakukan Load Challenge untuk menguji optimalisasi kabin yang luas dan lega.

Suzuki New Carry Pick Up saat berada di Kali Kuning, Kaliurang
Suzuki New Carry Pick Up saat berada di Kali Kuning, Kaliurang

Dengan kapasitas tiga orang dan beban di belakang yang lumayan berat bukan masalah untuk New Carry Pick Up.

Presiden Direktur Sumber Baru Mobil, Hendra Kurniawan menyebut kapasitas New Carry Pick Up bisa mencapai 1 ton lebih.

Hal itu terbukti saat New Carry Pick Up melalui jalan menurun dari Batu Alien ke Museum Sisa Hartaku. Handlingnya cukup baik saat melintas jalan menurun tajam dan berkelok-kelok. Sopir juga sangat nyaman dengan visibilitas dari kabin yang baik.(Willy Widianto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas