Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

GIICOMVEC 2020

Dari Pabriknya di Purwakarta, Hino Bukukan Rekor Produksi 500.000 Unit

Sejarah panjang keberadaan Hino di Indonesia dimulai tahun 1967 dalam bentuk kendaraan bus lengkap yang merupakan hibah Pemerintah Jepang

Dari Pabriknya di Purwakarta, Hino Bukukan Rekor Produksi 500.000 Unit
DOK. HMSI
Truk Hino Ranger FM 350 TH dipamerkan di booth Hino di GIICOMVEC 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), perusahaan manufaktur truk dan bus Hino di Indonesia merayakan pencapaian produksi kendaraan Hino yang ke-500.000 unit di Indonesia setelah 37 tahun beroperasi sejak 17 Desember 1982. 

Seleberasi pencapaian produksi ke-setengah juta unit ini dirayakan di hari kedua penyelenggaraan pameran kendaraan niaga GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jumat 6 Maret 2020. 

Sejarah panjang keberadaan Hino di Indonesia dimulai tahun 1967 dalam bentuk kendaraan bus lengkap yang merupakan hibah Pemerintah Jepang kepada Pemerintah Indonesia sebagai bentuk kompensasi pendudukan Pemerintah Jepang pada saat perang dunia kedua.

Dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi darat, maka proses komersialisasi dan industrialisasi kendaraan bermotor Hino dimulai pada awal dekade 1970an dengan ditandai dimulainya proses perakitan secara sederhana di Indonesia.

Baca: UD Trucks Serah Terima 64 Unit Truk Quester ABS ke Pelanggan Loyal Trans Migasindo

Tahun 1982 didirikan PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM) yang merupakan perusahaan patungan antara prinsipal Hino Motors Ltd., Japan dengan Grup Salim, berlokasi di Tambun - Jawa Barat.

Saat itu HIM memproduksi komponen-komponen utama kendaraan bermotor untuk memenuhi kewajiban pendalaman manufaktur dari Pemerintah.

Truk Ranger FF 

Di pertengahan dekade 1980-an, diluncurkan truk Hino Ranger FF Series dan bus Hino AK Series bermesin depan, dilanjutkan dengan peluncuran truk tronton FL dan FM pada awal tahun 1990an, yang merupakan cikal bakal sejarah suksesnya Hino di Indonesia.

Kemudian, Hino merilis tractor head Hino SG221MA di tahun 1995.

Baca: Lebih Dekat dengan Fighter FN61FL HD 6x2, Andalan Baru KTB di Truk Kargo dan Logistik

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan kendaraan komersial di Indonesia, bulan April 1997 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik Hino di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca: Daimler Indonesia Rayakan 50 Tahun Bisnisnya di GIICOMVEC 2020

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas