Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

GIICOMVEC 2020

Pengusaha Truk Jangan Cuma Mikir Bawa Muatan Banyak, Ban Juga Perlu Dirawat

Para pengusaha truk cenderung mementingkan jumlah muatan untuk meningkatkan keuntungan, tanpa sepenuhnya memperhitungkan resiko overload.

Pengusaha Truk Jangan Cuma Mikir Bawa Muatan Banyak, Ban Juga Perlu Dirawat
DOK. MRF TYRES
Booth MRF Tyres di pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung 5-8 Maret 2020 di JCC Senayan, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagaimana ban untuk jenis kendaraan penumpang, merawat ban pada kendaraan niaga seperti pada truk dan bus secara berkala juga penting dilakukan untuk memaksimalkan produktivitas kendaraan sebagai moda transportasi, sekaligus memastikan keselamatan dan keamanan di perjalanan.

General Manager PT Everseiko Indonesia, agen pemegang merek MRF Tyres di Indonesia mengatakan, sebagai salah satu komponen kendaraan pengangkutan dan logistik, ban merupakan bagian vital dan bahkan merupakan salah satu biaya operasional terbesar dalam usaha pengangkutan.

Namun sayangnya, para pengusaha truk cenderung mementingkan jumlah muatan untuk meningkatkan keuntungan, tanpa sepenuhnya memperhitungkan resiko dan kerugian mengoperasikan truk dalam kondisi yang melebihi kapasitas (overload).

“Kendaraan berat yang kelebihan dimensi dan muatan adalah salah satu kondisi terpaksa yang dilakukan operator atau perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Padahal, kelebihan beban dan dimensi akan membuat kendaraan cepat rusak,” ujar Sugih Sutjiono, Selasa 10 Maret 2020.

Sugih menegaskan, jika perawatan ban buruk, ban beroperasi dalam kondisi resiko tinggi rusak dan berbahaya.

"Usia pakai pun dapat menjadi pendek dan produktivitasnya tidak sesuai target,” imbuhnya.

Sugih menjelaskan, sebagai salah satu produsen ban fokus pada kendaraan komersial dan niaga, MRF Tyres berkepentingan mengedukasi pengemudi dan pemilik kendaraan tentang pentingnya merawat ban kendaraan niaga.

Kegiatan edukasi ini digelar di sela pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung 5-8 Maret 2020 lalu di JCC Senayan, Jakarta.

Baca: PO Pandawa 87 Kini Miliki Bus Mewah Berchassis Volvo B11R Garapan Karoseri Adi Putro

Kegiatan kampanye bertajuk ‘Hitung Untung dengan BPK’ dari MRF Tyres ini dilakukan dengan menggandeng komunitas pengusaha angkutan, operator dan pengemudi truk di seluruh Indonesia.

Baca: Karoseri Adi Putro Serahkan 4 Unit Jetbus 3+ Voyager ke PO Siliwangi Antar Nusa

"Lebih dari itu, sosialisasi ini diberikan untuk pemahaman mengenai pelanggaran dan bahaya dari Over Dimension Overload (ODOL), di mana ODOL tidak hanya merusak namun juga berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas," ungkap Sugih.

Baca: UD Trucks Serah Terima 64 Unit Truk Quester ABS ke Pelanggan Loyal Trans Migasindo

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas