Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tips Aman Isi Bensin di SPBU Agar Terhindar dari Aksi Pencurian

Sony menjelaskan saat mengisi bahan bakar seharusnya turun dari kendaraan karena berkenaan dengan keselamatan.

Tips Aman Isi Bensin di SPBU Agar Terhindar dari Aksi Pencurian
dok Pertamina
Petugas SPBU mengisi bensin kendaraan roda dua konsumen 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengungkapkan kelalaian menjadi faktor utama dari semua kejadian pencurian di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Biasanya orang ke luar dari mobil untuk isi bensin, tekak-tekuk badan, nah di situlah penjahat melihat kelemahannya kita. Biasanya kita merasa semua sudah di bawah kontrol kota, padahal hanya dalam hitungan detik, penjahat bisa mengambil barang di kendaraan kita," tutur Sony saat ngobrol santai bareng jurnalis, Jumat (1/5/2020).

Ada satu kebiasaan yang biasanya dilupakan saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Kebiasaan inilah yang biasanya menjadi celah para pencuri untuk melakukan aksinya.

Petugas Pertamina Delivery Service (PDS) mengisikan Pertamax Turbo dari jerigen khusus ke kendaraan roda empat yang kehabisan BBM, di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (22/11/2019). Layanan pesan antar BBM dan LPG melalui PDS ini melayani pemesanan Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan LPG Bright Gas dengan menghubungi Call Center Pertamina 135. Adapun harga BBM yang dijual sama dengan harga di SPBU dengan tambahan biaya antar Rp 20.000 per tujuan. Minimum order adalah 10 liter dengan maksimal 30 liter, sesuai dengan kapasitas motor pengantar BBM. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Petugas Pertamina Delivery Service (PDS) mengisikan Pertamax Turbo dari jerigen khusus ke kendaraan roda empat yang kehabisan BBM, di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (22/11/2019). Layanan pesan antar BBM dan LPG melalui PDS ini melayani pemesanan Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan LPG Bright Gas dengan menghubungi Call Center Pertamina 135. Adapun harga BBM yang dijual sama dengan harga di SPBU dengan tambahan biaya antar Rp 20.000 per tujuan. Minimum order adalah 10 liter dengan maksimal 30 liter, sesuai dengan kapasitas motor pengantar BBM. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Kalau gue biasanya saat isi bensin, selalu kunci pintu mobilnya. Nah, SOP ini kerap dilupakan," ungkapnya.

Sony juga menjelaskan saat mengisi bahan bakar seharusnya turun dari kendaraan karena berkenaan dengan keselamatan.

"Untuk motor, pertanyaannya perlu turun dari motor atau enggak kan? Ini berkaitan dengan evakuasi saat kebakaran dan sebagainya. Tadinya saya mikir, kenapa sih harus turun dan kalau gak mau turun gak mau diisi itu bensin. Ternyata, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, saya lebih gampang evakuasi. Karena ada beberapa kasus, tangkinya ngeluarin api, ridernya kebakaran," terangnya.  

Baca: Oknum RT di Tangerang Dilaporkan Sunat Jatah BLT ke Warga, Camat Bilang Cuma Uang Rokok

Lebih lanjut, khusus pengendara yang menggunakan mobil, turun dari kendaraan juga menjadi hal yang wajib.

Akan tetapi, jika pengemudi perempuan, tetap di dalam kendaraan menjadi pilihan yang aman.

"Kalau menyikapi kondisi sekarang, mengisi bensin ada yang self service dan ada yang diisiin. Nah, balik lagi SOP-nya bener atau gak. Sementara kita ke luar dari mobil atau tetap di dalam mobil, itu potensi kejahatan tetap ada, sama-sama besar. Artinya, kalau dia mau tetap di dalam mobil, pintu harus tetap terkunci," ujarnya.

"Kalau saya disuruh milih, ya saya pilih turun. Karena biasanya penjahat, kalau mau melakukan tindakan, melihat dulu korbannya siap enggak. Kalau si pengemudi siap, penjahat akan berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan. Tetapi kalau pengemudinya perempuan, lebih baik enggak ke luar," jelas Sony.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Lita febriani
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas