Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Lakukan 8 Pengecekan Ini Agar Mobil Tetap Prima Saat Kelamaan Nongkrong di Garasi

Kondisi mobil yang terlalu lama diam di garasi jika dibiarkan membuat komponen tertentu di kendaraan jadi cepat rusak. Misalnya aki.

Lakukan 8 Pengecekan Ini Agar Mobil Tetap Prima Saat Kelamaan Nongkrong di Garasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI - Mekanik bengkel melakukan perbaikan mobil yang rusak terkena banjir di bengkel mobil di kawasan Ciledug, Tangerang, Banten, Rabu (8/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang membuat orang banyak beraktivitas di rumah untuk mencegah penularan penyakit Covid-19 membuat kendaraan juga lebih banyak berdiam di garasi dan jarang dipakai.

Kondisi mobil yang terlalu lama diam di garasi jika dibiarkan membuat komponen tertentu di kendaraan jadi cepat rusak. Misalnya aki.

“Ketika mobil jarang dipakai bukan berarti akan aman-aman saja. Mulai dari mesin hingga komponen kendaraan lainnya pasti akan terganggu kesehatannya. Pemilik perlu tetap waspada dan tetap melakukan rutinitas pengecekan komponen-komponen kendaraan,” ungkap Ranggi Troissyna Mayoowari, Product Manager Otomotif PT Kawan Lama Sejahtera.

Untuk menjaga mobil tetap prima, dia m

Baca: Sejumlah BUMN Mulai Terapkan Skenario New Normal

enyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips dari Ranggi Troissyna Mayoowari seputar cara memeriksa kesehatan mobil di masa PSBB:

1. Panaskan mesin mobil

Rutin memanaskan mobil setiap hari agar sistem pelumasan pada mesin dapat berjalan dengan baik dan memastikan semua indikator di instrument cluster mobil tidak menunjukkan kendala apapun (error message). 

Baca: Komisi XI DPR: PP Pemulihan Ekonomi Nasional Banyak Mudharatnya, Batalkan Saja!

2. Isi daya aki

Jika mesin hidup setelah beberapa kali starter, maka biarkan mesin menyala kurang lebih 30 menit, setelah itu coba starter kembali.

Namun, jika mesin mobil kembali bermasalah dan perlu beberapa kali starter, maka coba injak gas sampai dengan RPM kurang lebih di atas 1500.

Baca: Alat Respirator untuk Tim Medis Covid-19 Karya Dosen UAI Lulus Uji BPFK Kemenkes

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas