Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tips Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Truk untuk Cegah Risiko Kecelakaan

Ban bisa rusak bahkan pecah jika dioperasikan dengan tekanan angin yang tidak sesuai dengan muatan beban dan kecepatan berlebihan.

Tips Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Truk untuk Cegah Risiko Kecelakaan
FB Irull Fingerstyle
Pengemudi truk harus bisa memastikan bahwa tekanan angin sudah sesuai dengan beban yang diangkutnya. Jaga agar tekanan angin tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hampir 80 persen kecelakaan yang menimpa mobil pribadi maupun mobil niaga karena gangguan pada ban seperti ban kempes atau pecah berdasarkan data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Ban bisa rusak bahkan pecah jika dioperasikan dengan tekanan angin yang tidak sesuai dengan muatan beban dan kecepatan berlebihan.

Produsen ban Hankook Tire Sales Indonesia menganjurkan pengemudi kendaraan niaga memperhatikan dan memeriksa tekanan angin pada ban secara berkala demi keamanan.

"Pemeliharaan tekanan angin sangat berpengaruh terhadap kinerja ban, kestabilan mengemudi, kemampuan pengereman yang lebih baik, bahkan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat," tutur National Sales Manager Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni.

Ahmad memaparkan tiga cara untuk menjaga tekanan angin atau inflasi ban agar menghasilkan kinerja yang optimal.

Pertama, sesuaikan tekanan angin dengan berat muatan (beban) yang diangkut.

Pengemudi truk maupun manajer armada harus memastikan bahwa tekanan angin sudah sesuai dengan beban yang diangkutnya. Jaga agar tekanan angin tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Ban dengan tekanan angin terlalu tinggi dapat menyebabkan aus di bagian tengah, serta membuat ban lebih mengembang secara tidak wajar, sehingga mudah pecah jika terkena benturan.

Daya cengkram ban juga akan berkurang dan membuat kendaraan terasa melayang saat laju kendaraan tinggi di jalan tol.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas