Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Relaksasi PPnBM 2.500 CC Berlaku April, Ini Deretan Mobil yang Bakal Masuk Kriteria

Pemerintah telah mengumumkan perluasan relaksasi PPnBM untuk mobil 1.501-2.500 cc yang akan mulai berlaku April 2021.

Relaksasi PPnBM 2.500 CC Berlaku April, Ini Deretan Mobil yang Bakal Masuk Kriteria
IST
Toyota New Kijang Innova yang diluncurkan virtual Kamis (15/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah mengumumkan perluasan relaksasi PPnBM untuk mobil 1.501-2.500 cc yang akan mulai berlaku April 2021.

Namun, lima hari menjelang pemberlakuan insentif tersebut, Pemerintah belum mengeluarkan kriteria yang jelas dan model-model apa saja yang akan menerima relaksasi PPnBM.

"Potongan pajak akan diberikan kepada kendaraan bermotor roda empat dengan kapasitas mesin 1.501-2.500 cc dan segmen 4x2 serta 4x4," ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Berlaku 1 April 2021, Innova dan Fortuner Dapat Perluasan Relaksasi PPnBM hingga 2.500 CC

Jika mengacu aturan kapasitas mesin yang diungkap Kemenperin, diprediksi Toyota Fortuner, Kijang Innova, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V dan Honda HR-V 1.8 akan masuk kriteria penerima perluasan relaksasi PPnBM.

Namun, jika aturannya masih mengacu pada Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang sama seperti pada insentif pajak dengan mesin di bawah 1.500 cc, hanya dua kendaraan yang bisa lolos, yaitu Toyota Fortuner dan Kijang Innova.

Baca juga: SPK Honda HR-V Langsung Meroket 80 Persen Setelah Pemberlakuan Insentif PPnBM

Kedua mobil produksi Toyota ini telah memiliki TKDN 75-85 persen. Sedangkan TKDN untuk Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V dan Honda HR-V 1.8 masih di bawah 50 persen.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy masih menunggu aturan dan kategori yang jelas mengenai model yang masuk kriteria penerima perluasan relaksasi PPnBM.

"Saat ini kami masih berkomunikasi dengan pemerintah untuk detil program ini, termasuk model apa saja yang masuk ke dalam kriterianya. Jadi belum bisa kami umumkan sekarang model apa saja yang bisa kita masukkan di dalamnya," jelas Billy.

Skema

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bahwa perluasan relaksasi PPnBM hingga 2.500 akan berlaku per 1 April 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas