Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Begini Cara Kerja Teknologi Air Suspension di Bus Hino R260 AS

sistem kerja air suspension di bus Hino R260 AS dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ke air tank sampai mencapai tekanan udara yang diinginkan.

Begini Cara Kerja Teknologi Air Suspension di Bus Hino R260 AS
IST
Hino R260 Air Suspension 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Awal April 2021 lalu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan varian baru sasis bus terlarisnya R260 dengan menghadirkan sasis terbaru R60 AS dengan kaki-kaki yang sudah menggunakan suspensi udara (airsuspension) ke pasar Indonesia.

Pengerjaan kaki-kaki Hino R260 AS ini digarap di workshop Karoseri Adi Putro Malang, dan dipasarkan oleh HMSI sebagai distributornya.

Lalu, bagaimana cara kerja teknologi air suspension di sasis bus Hino R260 AS ini? Tribunnews menanyakan hal ini kepada Seno Wirdiyawantoro, Product Division Head HMSI.

Seno menjelaskan, sistem kerja air suspension di bus Hino R260 AS dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ke air tank atau tangki (tabung) udara) sampai mencapai tekanan udara yang diinginkan.

Saat kendaraan dihidupkan, kompresor akan secara otomatis melakukan pengisian udara apabila tekanan udara pada air tank berkurang.

Udara pada air tank akan didistribusikan ke masing-masing air below (balon udara) melalui air spring valve (katup udara) yang telah dihubungkan lewat connector dan elang udara, sampai dengan ketinggian air below yang diinginkan.

Baca juga: Hino Luncurkan Chassis Bus R260 AS dengan Air Suspension, Harga Ritel Rp 951 Juta

"Naik turunnya ketinggian air below bisa diatur cukup hanya dengan menekan switch (tombol elektrik) yang telah dipasang pada dashboard," jelasnya.

Hasil Pengembangan Sasis R260

Bus Hino R260 AS merupakan hasil pengembangan dari sasis Hino R260, tipe sasis bus mesin belakang 12 meter yang paling laris di Indonesia dari Hino.

Versi Hino R260 masih menggunakan kaki-kaki per daun atau laf spring pada bagian kaki-kakinya.

Baca juga: Hino Tunjuk Karoseri Adi Putro Pasang Komponen Suspensi Udara di Chassis Bus R260 AS

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas