Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Nissan Andalkan Teknologi e-Power untuk Hadapi Era Elektrifikasi di Indonesia

Menghadapi era elektrifikasi di Indonesia, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) akan mengandalkan teknologi ePower.

Nissan Andalkan Teknologi e-Power untuk Hadapi Era Elektrifikasi di Indonesia
ist
Nissan Andalkan Teknologi e-Power untuk Hadapi Era Elektrifikasi di Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menghadapi era elektrifikasi di Indonesia, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) akan mengandalkan teknologi ePower.

Teknologi ePower sendiri merupakan rangkaian tenaga atau powertrain yang sudah menggunakan tenaga listrik 100, namun masih dibekali mesin bensin yang berfungsi sebagai sumber utama pengisian baterai.

Mesin tidak bekerja sendiri, ada perangkat generator listrik dan inverter yang membantu.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Evensius Go, mengatakan dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, paling besar tantangannya untuk menuju era elektrifikasi ialah charging Station.

"Untuk kota-kota besar, misalnya di Jakarta dan Surabaya, kendaraan listrik bisa langsung masuk. Tetapi pasti banyak yang bertanya misalnya yang tinggal di daerah Gresik, Jawa Timur, ketika pakai Nissan Leaf chargingnya akan bagaimana, sedangkan stasiun pengisian masih belum banyak dan kebanyakan di kota. Pertanyaan ini muncul banyak sekali, itu yang membuat kita bawa teknologi ePower," tutur Even saat Ngovsan Forwot bersama Nissan Indonesia, Rabu (6/10/2021).

Nissan Indonesia menilai ePower merupakan teknologi terbaik, dimana motornya digerakkan oleh baterai listrik, tetapi tidak perlu dicas.

"Jadi ada engine kecil yang bisa diisi bensin dan otomatis dia akan hidup untuk ngecas ketika baterainya berkurang," imbuh Even.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Nissan Bekas September 2021: Grand Livina Tahun 2008 Mulai dari Rp 65 Juta

Even optimistis teknologi ePower akan membantu Indonesia memasuki fase kendaraan listrik murni lebih cepat ketimbang teknologi lain.

"Saya rasa teknologi ePower ini bisa membantu dalam 5 tahun ke depan untuk Indonesia dalam fase menjadi full electric. Jadi ini bahasanya yang dari combustion engine atau bensin maupun diesel itu masuk ke ePower dan kemudian masuk ke full electric," jelasnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas