Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dosen POLINES Ungkap Alasan Pemilik Kendaraan Keluaran Terbaru Wajib Pakai Pertamax

mobil atau sepeda motor keluaran terbaru sangat disarankan menggunakan Pertamax karena BBM satu ini mampu memaksimalkan kinerja dapur pacu mesin

Editor: Content Writer
zoom-in Dosen POLINES Ungkap Alasan Pemilik Kendaraan Keluaran Terbaru Wajib Pakai Pertamax
Dua orang wanita sedang menunggu pengisian BBM Pertamax oleh seorang petugas di SPBU Bogorame, Demak, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNNEWS.COM – Bagi mereka para pemilik kendaraan, terutama yang memiliki kendaraan keluaran terbaru kerap kali disarankan beberapa pihak, termasuk produsen kendaraan untuk menggunakan BBM jenis Pertamax.

Namun sebenarnya adakah alasan khusus dibalik saran tersebut?

Menurut Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang, Muhammad Showi Nailul Ulum, S.Pd., M.T. menjelaskan, mobil atau sepeda motor keluaran terbaru sangat disarankan menggunakan Pertamax karena BBM satu ini mampu memaksimalkan kinerja dapur pacu mesin kendaraan, terutama kendaraan jenis baru yang menggunakan teknologi injeksi.

"Kalau RON semakin tinggi, maka titik nyala apinya juga tinggi, sehingga pembakarannya lebih sempurna dan dayanya juga akan meningkat," tuturnya.

Ia menambahkan, penggunaan BBM dengan RON lebih rendah sangat berisiko terhadap penurunan kinerja mesin, dan pembakarannya cenderung tidak sempurna jika dibandingkan dengan Pertamax.

"BBM dengan oktan rendah maka titik nyalanya juga akan lebih rendah. Bahkan nanti akan terjadi yang namanya detonasi," ungkap Showi.

Ketika mesin mengalami detonasi maka piston pada mesin berisiko mengalami kerusakan akibat dari beban kinerja yang lebih berat.

BERITA TERKAIT

Tak ayal, kinerja mesin yang lebih berat pada kendaraan akan memperbesar kemungkinan mesin mengalami overheat atau panas berlebih.

"Apabila pembakaran tidak sempurna maka piston bisa kocak istilahnya, dan bahkan bisa juga terjadi overheat," ujarnya.

Showi menambahkan, penggunaan BBM dengan RON rendah dapat merusak komponen lainnya pada mesin kendaraan. Salah satunya adalah busi yang mengalami kegosongan akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Tak hanya itu, pembakaran yang tidak sempurna juga akan menyebabkan kerak di katup mesin dan bisa menghambat saluran gas buang saat mesin berjalan.

"Kalau kerak jatuh pada dudukan katup, maka kompresi akan bocor, sehingga akan berakibat menurunkan daya mesin," tegasnya.  

Lantas, sudah seharusnya masyarakat lebih memilih menggunakan Pertamax karena pembakaran yang lebih sempurna dan gas emisi yang lebih rendah.

Pertamax perpanjang umur suku cadang

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas