Tribun Otomotif

Banyak Terjadi Kecelakaan Fatal, Pemerintah Dinilai Tak Serius Urusi Keselamatan Transportasi

emerintah dinilai perlu mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat yang sudah dihapus sejak dua tahun lalu. 

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Banyak Terjadi Kecelakaan Fatal, Pemerintah Dinilai Tak Serius Urusi Keselamatan Transportasi
IST
Kondisi mobil SUV Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel setelah kecekaan di ruas tol Kertosono-Jombang Km. 672. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah dinilai perlu mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat yang sudah dihapus dari lingkup Kementerian Perhubungan sejak dua tahun lalu. 

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan peniadaan Direktorat tersebut berdampak pada minimnya program dan anggaran untuk keselamatan di sektor transportasi darat. 

"Hal itu menunjukkan pemerintah masih kurang serius mengurusi keselamatan transportasi," ujar Djoko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/11/2021).

Djoko menerangkan, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat pernah ada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Namun, lanjut dia, restrukturisasi organisasi di Kementerian Perhubungan, menyebabkan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat dihilangkan. 

Baca juga: Belajar dari Kasus Vanessa Angel, Waspadai Risiko Microsleep karena Kelelahan Saat Nyetir Jauh

"Padahal urusan keselamatan transportasi darat belum menunjukkan keberhasilan yang berarti dalam hal menurunkan angka kecelakaan lalu lintas," imbuh Djoko.

Baca juga: FAKTA Kecelakaan yang Menewaskan Vanessa Angel & Suami, Mobil Tabrak Pembatas Tol, Supir Kelelahan

Djoko memaparkan, tingkat fatalitas masih cukup tinggi. Kesadaran masyarakat akan keselamatan lalu lintas juga masih rendah. Jika meninggal akibaat kecelakaan lalu lintas dianggap takdir.

"Angka kecelakaan lalu lintas tidak pernah turun drastis. Sementara institusi yang fokus mengurusi keselamatan justru dihilangkan. Tinggal tunggu waktu kapan arisan nyawa melayang akan terjadi terus menerus di jalan raya," ucap Djoko.

Baca juga: PROFIL Dekan UGM I Gede Suparta Budisatria, Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Cipali, Dosen Teladan

Djoko memaparkan, kecelakan lalu lintas di ruas Jalan Tol Cipali KM 113 terjadi pada Kamis (4/11/2021) dini hari. 

Korbannya adalah rombongan guru besar Universitas Gajah Mada (UGM) mengakibatkan salah satu Dosen Fakultas Peternakan Prof. Ir. I Gede Suparta Budisatria, M.Sc, Ph.D, IPU Asean Eng meninggal dunia. 

Berikutnya pada hari yang sama, artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah, meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di ruas Tol Jombang KM 672. 

 
 

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas