Tribun Otomotif

Rahasia Motor Tangguh

Perawatannya Tidak Rumit, Ini 6 Keuntungan Pakai Maintenance Free (MF) untuk Motor Anda

Aki Maintenance Free (MF) untuk motor kini sangat mudah kita kenali, karena motor yang beredar saat ini kebanyakan sudah memakai aki jenis ini.

BizzInsight
Perawatannya Tidak Rumit, Ini 6 Keuntungan Pakai Maintenance Free (MF) untuk Motor Anda
GridMotor
Ilustrasi aki motor. 

TRIBUNNEWS.COM - Aki adalah komponen penting yang berfungsi sebagai sumber energi listrik bagi motor. Saat ini, ada dua jenis aki motor yang umum beredar di pasaran, yakni aki basah dan aki kering, atau yang dikenal juga dengan aki maintenance free (MF). Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Aki Maintenance Free (MF) untuk motor kini sangat mudah kita kenali, karena motor yang beredar saat ini kebanyakan sudah memakai aki jenis ini.

Selain itu, secara umum aki Maintenance Free. memiliki beragam kelebihan dibandingkan dengan aki basah, sehingga menjadikannya lebih banyak diminati pengguna motor.

Berikut sederet kelebihan aki Maintenance Free (MF) ketimbang aki basah untuk motor kesayangan Anda.

Perawatan lebih mudah ketimbang aki basah

Aki basah biasanya membutuhkan perawatan rutin. Pengguna harus sering mengecek kondisinya dan menambah air aki secara berkala.

Sementara itu, aki maintenance free (MF)—sesuai namanya—memiliki keunggulan dari segi perawatan yang lebih praktis.

Meski harganya sedikit lebih mahal, proses perawatannya yang minim menarik minat mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk mengecek kondisi motornya secara rutin.

Di samping itu, aki Maintenance Free (MF) lebih mudah dirawat dan dibersihkan. Caranya, cukup bersihkan dengan kain kering yang memiliki permukaan lembut pada area aki yang ingin dibersihkan.

Cairan elektrolit aki Maintenance Free (MF). hanya sedikit yang menguap

Pada aki Maintenance Free (MF), memiliki separator khusus yang dapat menyerap air aki, sehingga seakan-akan seperti tidak terdapat air didalam aki. Selain itu didalam container aki juga memiliki sistem labirin yang berfungsi untuk mengembalikan air yang menguapan ke dalam aki. Ini lah mengapa aki jenis maintenance free (MF) sangat minim penguapan.

Pemasangan aki MF lebih mudah ketimbang aki basah

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, bahwa aki Maintenance Free (MF) memiliki, memiliki separator khusus yang dapat menyerap air aki, yang membuat cairan didalam aki tidak akan tumpah. Sehingga membuat pemasangan aki ini sangat mudah. Meskipun posisi pemasangan-nya sedikit miring atau tidak tegak lurus. Dan anda bisa melakukannya sendiri dirumah.

Caranya, pastikan motor dalam keadaan mati sebelum memasang aki. Sambungkan dan pasang kabel muatan pada mesin motor dengan aki. Pastikan kabel muatan negatif dipasang paling terakhir.

Lebih aman, tidak mudah menimbulkan korosi

 Selain itu, aki Maintenance Free (MF) juga dapat meminimalisasi korosi pada bagian sekitar aki karena bentuk cairan yang lebih padat.

Karena menggunakan cairan yang lebih padat, aki MF juga cenderung bebas bocor, tidak mudah kembung, dan tidak mudah meledak lantaran menggunakan ceramic filter.

Menyimpan energi listrik lebih lama

Karena tidak mudah korosi, tidak mudah kembung, dan tidak mudah meledak, aki MF dapat menyimpan energi listrik lebih lama. Alhasil, daya start juga jadi lebih tinggi.

Sesuai untuk iklim tropis Indonesia

Aki Maintenance Free (MF) yang berkualitas mampu bertahan di segala cuaca, baik kemarau maupun penghujan. Terlebih, pada iklim tropis dengan temperatur yang cenderung panas seperti Indonesia, kondisi ruang mesin kerap kali bersuhu tinggi. Akibatnya, air aki jadi lebih cepat menguap.

Namun, aki Maintenance Free (MF) yang berkualitas biasanya memiliki sirkulasi yang bagus. Sehingga, meski cairan tetap menguap, tidak banyak yang bocor ke luar. Alhasil, korosi lebih dapat diminimalisasi.

Aki Yuasa MF.
Aki Yuasa MF.

Lantas, apa merek aki Maintenance Free (MF) yang direkomendasikan?

Salah satu produk aki MF yang populer di Indonesia adalah Aki Motor Yuasa MF (Maintenance Free). Sesuai namanya, Aki Motor Yuasa MF juga minim perawatan, tetapi memiliki kinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan kendaraan Anda.

Aki Motor Yuasa MF selalu fresh, karena dalam satu paket pembelian terdiri dari aki dan botol aki zuur yang terpisah, sehingga umur aki berjalan pada saat aki diisi dengan air zuur.

Selain itu, sesuai namanya (maintenance free), kelebihan lain aki Yuasa MF adalah bebas perawatan. Dengan kata lain kita tidak perlu menambahkan air aki kembali seperti aki basah pada umumnya.

Aki Maintenance Free (MF) ini juga memiliki kemampuan mencegah terjadinya kebocoran yang membuatnya lebih unggul dari aki konvensional, sehingga aki tidak cepat rusak, serta dapat meminimalisasi terjadinya korosi pada bagian-bagian di sekitar tempat aki, terutama pada terminal aki. Sehingga, suplai listrik ke mesin dan komponen lain pada motor menjadi lebih lancar.

Tak ketinggalan, Aki Yuasa MF menggunakan ceramic filter yang berfungsi mencegah terjadinya ledakan dan memiliki katup pengaman dengan teknologi terkini. Katup ini dibuat untuk mencegah terjadinya pengembungan pada aki.

Lebih hebatnya lagi, kini Aki Motor Yuasa MF menyediakan tipe aki dengan kapasitas yang lebih besar khusus motor ber-CC besar atau Moge.

Aki Yuasa sudah dikenal dengan pemilihan dan pemakaian bahan baku yang berkualitas tinggi sehingga menjamin ketahanan dan kesempurnaan saat digunakan.

Kini, tak perlu repot lagi mencari aki Maintenance Free (MF) terbaik buat motor Anda. Penuhi kebutuhan kelistrikan motor Anda dengan Aki MF Motor Yuasa MF. Klik link berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Penulis: Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan

Ikuti kami di
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas