Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pengisian Daya Toyota Bz4x Bermasalah, Fitur Fast-Charging Tak Bisa Berfungsi di Cuaca Ekstrem

SUV listrik Toyota bZ4X disebut mengalami kendala pada sistem pengisian dayanya.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pengisian Daya Toyota Bz4x Bermasalah, Fitur Fast-Charging Tak Bisa Berfungsi di Cuaca Ekstrem
CNET
SUV listrik Toyota bZ4X 

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Penjualan kendaraan listrik sepanjang tahun lalu mencapai 6,5 juta unit, menurut laporan EV Volume. Tingginya permintaan masyarakat dunia pada produk kendaraan listrik membuat sejumlah pabrik otomotif berlomba merilis mobil listrik terbaiknya.

Seperti yang dilakukan Toyota, pabrikan ini baru saja meluncurkan SUV listrik bZ4X dengan sistem pengerak all wheel drive (AWD), Kamis lalu.

Namun setelah produk ini diluncurkan, SUV listrik Toyota bZ4X disebut mengalami kendala pada sistem pengisian dayanya.

Dikutip dari Carbuzz, pengisian daya cepat pada Toyota bZ4X model AWD tidak dapat berfungsi dengan baik saat berada dicuaca dingin yang ekstrem.

Tak lama berselang setelah munculnya kendala ini, Toyota membenarkan bahwa fitur fast-charging pada pengisian DC kendaraan bZ4X besutannya sedang mengalami masalah.

SUV listrik Toyota bZ4X
SUV listrik Toyota bZ4X (CNET)

Disebutkan, fitur tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal pada suhu di bawah 32 derajat Fahrenheit, dan pengisian akan mati total pada suhu nol derajat.

BERITA TERKAIT

Namun sebaliknya ketika suhu berada di 50 derajat Fahrenheit, Toyota menyebut fitur fast-charging justru dapat beroperasi secara baik bahkan waktu pengisian dapat meningkat secara signifikan.

Munculnya masalah ini menarik perhatian pengemar EV mengingat salah satu keunggulan bZ4X adalah kemampuannya untuk mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu satu jam.

Baca juga: FAW Toyota Kenalkan SUV Listrik bZ4X di China

Tanpa adanya sistem pengisian cepat DC tersebut, maka dibutuhkan waktu hampir 10 jam, hanya untuk untuk mengisi ulang baterai Toyota bZ4X.

Toyota sendiri saat ini tengah mencari cara agar fitur fast-charging DC pada BZ4x agar bisa digunakan secara optimal di segala kondisi cuaca.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik BZ4X yang Akan Digunakan Delegasi KTT G20 Bali

Meski tak menyebut sampai kapan pembaruan akan dilakukan, namun dengan peningkatan kualitas ini nantinya dapat membuat BZ4x bisa melampaui kompetensi dari EV6 milik Kia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas