Tribun Otomotif

Van Hool Luncurkan Bus Listrik Pertamanya di Ajang Euro Mobility Expo 2022

Produsen bus berbasis di Belgia Van Hool memperkenalkan bus tanpa emisi pertamanya di ajang Euro Mobility Expo 2022.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Van Hool Luncurkan Bus Listrik Pertamanya di Ajang Euro Mobility Expo 2022
Green Car Congress
Van Hool memperkenalkan bus listrik tanpa emisi pertamanya di ajang Euro Mobility Expo 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS – Produsen bus berbasis di Belgia, Van Hool, memperkenalkan bus listrik tanpa emisi pertamanya di ajang Euro Mobility Expo 2022.

Dikutip dari greencarcongress.com, Senin (13/6/2022) Van Hool A12 Battery Electric merupakan kendaraan pertama dalam jajaran bus baru yang memiliki dimensi panjang berbeda (12m, 13m, 18m dan 24m) yang dilengkapi dengan powertrains eksklusif nol emisi, baterai listrik, dan sel bahan bakar (hidrogen).

Van Hool siap memproduksi angkutan umum yang berfokus pada armada “hijau” atau bebas emisi sesuai dengan permintaan dari perusahaan angkutan umum.

Bahkan sebelum pengumuman resmi untuk jajaran bus barunya, Van Hool memiliki 13 pesanan, dengan total 162 bus.

Tujuan dari diproduksinya jajaran bus A yang baru adalah untuk menghasilkan rangkaian bus yang ramah lingkungan (100 persen nol emisi), nyaman, aman, dan berkelanjutan yang dapat digunakan dalam transportasi perkotaan dan regional di Eropa.

Baca juga: Scania Kenalkan Truk Listrik Tipe Traktor dan Rigid, Diproduksi Massal Mulai 2023

“Desain interior dan eksterior baru dan pilihan tiga powertrain yang berbeda, dikaitkan dengan pengalaman internasional yang telah kami bangun selama beberapa dekade terakhir dan, di sisi lain dengan tantangan yang akan dihadapi perusahaan angkutan umum selama tahun-tahun mendatang.” Kata Filip Van Hool, CEO Van Hool NV.

Dalam desain dan pengembangan jajaran bus baru, perhatian khusus diberikan pada bobot, keberlanjutan, dan modularitas bus.

Baca juga: Bus Listrik Pertama Buatan Indonesia Diserahkan UI ke Pemerintah untuk Dukung G20

Penghematan berat struktural dicapai melalui penggunaan baja tahan karat berkekuatan tinggi, material komposit berbobot rendah, dan teknik ikatan yang berkelanjutan.

Sementara itu, desain jajaran bus baru ditandai dengan bentuk aerodinamis di bagian depan. Kaca depan yang besar memberikan pandangan yang optimal bagi pengemudi dan penumpang. Bus juga dilengkapi dengan lampu depan LED generasi terbaru.

Baca juga: BYD Pasok Baterai Kendaraan Listrik ke Tesla, Diklaim Lebih Aman

Kabin ergonomis, yang memenuhi standar Verband Deutscher Verkehrsunternehmen (VDV), memberi pengemudi pandangan sekilas tentang semua fitur kendaraan, dan meningkatkan keselamatan umum.

Iklim interior diatur oleh sistem dimana udara terkondisi berasal dari saluran udara atap pusat, berdasarkan teknologi pompa panas (dengan air sebagai kondensor) dan pemulihan panas traksi, menghasilkan penghematan energi dibandingkan dengan pompa panas klasik.

Untuk memaksimalkan jangkauan kendaraan, sangat penting untuk meminimalkan bobot kosongnya. Dengan menggunakan teknik perhitungan elemen dan jenis baja tahan karat (dupleks) berkekuatan tinggi, memungkinkan pengoptimalan struktur baja baik dari sasis maupun rangka samping, sehingga integrasi atap berlapis ringan yang canggih melengkapi optimalisasi bobot bus baru.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas