Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Bus Listrik Imut Golden Dragon SAG Bisa Angkut 15 Penumpang, Segera Diujicoba di Jakarta

Golden Dragon SAG Indonesia akan segera melakukan ujicoba operasional bus listrik ukuran sedang berkapasitas 15 tempat duduk di Kota Jakarta.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bus Listrik Imut Golden Dragon SAG Bisa Angkut 15 Penumpang, Segera Diujicoba di Jakarta
Tribunnews/Choirul Arifin
Bus listrik kompak berkapasitas 15 tempat duduk All Star Electric Compact Bus saat dipamerkan di ajang Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Golden Dragon SAG Indonesia akan segera melakukan ujicoba operasional bus listrik ukuran sedang berkapasitas 15 tempat duduk All Star Electric Compact Bus di Kota Jakarta.

Djoko Poerwanto, Direktur Teknik Golden Dragon SAG Indonesia mengatakan, bus tersebut sebelumnya sudah sukses diujicoba di Kota Surabaya sebagai bus untuk transportasi publik selama tiga bulan sebanyak 3 unit.

Kemudian ujicoba dilanjutkan di Kota Bandung sebanyak 2 unit. "Ujicoba di Surabaya kemarin sudah selesai dan sambutan masyarakat  bagus."

"Nanti setelah kita pamerkan di Busworld Southeast Asia 2024 ini, kita akan lanjutkan ujicoba di Jakarta," kata Djoko Poerwanto, Direktur Teknik Golden Dragon SAG Indonesia dalam obrolan dengan Tribunnews di hari pembukaan pameran Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo Kemayoran, Rabu, 15 Mei 2024.

Djoko mengatakan, untuk ujicoba di Jakarta, pihaknya hanya akan mengoperasikan 1 unit bus All Star Electric Compact Bus bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transjakarta.

Masuk ke kabin bus ini, meski merupakan bus ukuran medium, desain kabinnya cukup lega untuk penumpang dewasa.

Bangkunya dirancang hadap depan sebanyak 3 buah setiap barisnya dengan dilengkapi lorong di bagian tengah.

Bus listrik Golden Dragon imut
Bus listrik kompak berkapasitas 15 tempat duduk All Star Electric Compact Bus saat dipamerkan di ajang Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024.
BERITA TERKAIT

Dua bangku di bagian depan samping pengemudi disusun hadap samping untuk memudahkan akses dan mobilitas keluar-masuk penumpang.

Baca juga: Diikuti 4 Karoseri Ternama, Menhub Resmi Buka Pameran Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo

Djoko menjelaskan, pihaknya sudah memasarkan bus listrik ini dengan harga 2,2 miliar. Jarak tempuhnya bisa menjangkau 170 kilometer dalam sekali cas baterai hingga penuh.

Djoko Poerwanto OK
Djoko Poerwanto, Direktur Teknik Golden Dragon SAG Indonesia.

Kapasitas baterainya 90 kWH, dicas selama 30 menit bisa dioperasikan sejak pagi sampai pukul 23.00 malam, lalu di malam hari baterai bisa dicas lagi selama 1 jam.

Baca juga: Polusi Udara di Jakarta Makin Mengkhawatirkan, DPRD Usulkan Solusi Bus Listrik

Djoko menjelaskan, setiap 1 kwh daya baterai di bus All Star Electric Compact Bus ini bisa menempuh jarak 1,7 km.

Kabin bus listrik All Star Electric Compact Bus
Kabin bus listrik All Star Electric Compact Bus buatan Golden Dragon SAG.

Dia menambahkan, saat ini Golden Dragon SAG sudah mengujicoba bus listrik berukuran besar sebanyak 22 unit di Kota Jakarta. "Bus listrik yang besar sudah diuji coba sebanyak 22 unit bekerjasama dengan Transjakarta dan PT Bianglala Metropolitan," sebut Djoko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas