Tribun Otomotif

GIIAS 2022

Isuzu Buka Depo Spare Parts di Makassar, Percepat Pengiriman Suku Cadang Hingga ke Papua

Isuzu meresmikan beroperasinya depo suku cadang di Kota Makassar untuk melayani kebutuhan suku cadang kendaraan Isuzu di Indonesia Timur.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Isuzu Buka Depo Spare Parts di Makassar, Percepat Pengiriman Suku Cadang Hingga ke Papua
Tribunnews/Choirul Arifin
Peresmian Parts Depo Isuzu di booth Isuzu di pameran otomotif GIIAS 2022, Rabu, 17 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meresmikan beroperasinya depo suku cadang atau parts depo di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk melayani kebutuhan suku cadang kendaraan Isuzu ke konsumennya di Indonesia Timur.

Selama ini pengiriman suku cadang asli Isuzu ke Indonesia Timur terkendala oleh jarak yang jauh serta kendala geografis. Dengan dibukanya depo suku cadang di Makassar ini, pengiriman spare parts kendaraan Isuzu ke konsumen bisa diperpendek.

Budhi Prasetyo, Aftersales Business, Inventory & Logistics PT IAMI mengatakan, selama ini lama pengiriman spare parts Isuzu ke konsumen di Pulau Jawa sekitar 1-2 hari, sementara ke konsumen di Sumatera mencapai 8 hari dan ke konsumen di Indonesia Timur mencapai hingga 27 hari.

"Dengan berdirinya depo di Makassar ini pengiriman spare parts jadi bisa diperpendek maksimal sampai 14 hari saja tergantung lokasi customer dan jenis spare parts yang dibutuhkan," ujar Budhi di booth Isuzu di GIIAS 2022, Rabu, 17 Agustus 2022.

"Untuk melayani pemgiriman lebih cepat ke customer di Indonesia Timur ini kami bekerja sama dengan JNE. Waktu tunggu customer untuk mendapatkan spare parts menjadi lebih cepat," imbuhnya.

Budhi menambahkan, Isuzu tahun ini fokus memperluas pasar di Indonesia Timur karena adan peningkatan populasi kendaraan Isuzu sebanyak 15 persen. Sementara, penjualan spare parts Isuzu juga naik 14,3 persen.

Baca juga: Isuzu Belum Tertarik Inves di Kendaraan Listrik, Tunggu Roadmap-nya Jelas Dulu

"Kami memahami, memenuhi kebutuhan customer sari neragam industri berbeda dari industri logistik hingga tambang dan perkebunan, dengan medan yang membentang luas Sabang sampai Merauke menjadi tantangan," ujarnya.

Iboy Ferdian, Inventory & Supply Operation Dept. Head PT IAMI mengatakan, pihaknya memilih Makassar sebagai lokasi parts depo Isuzu karena pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur sangat pesat.

Baca juga: Begini Layanan After Sales Isuzu untuk untuk Kendaraan Berstandar Euro 4

"Ini in line dengan pertumbuhan kendaraan niaga di sana. Untuk delivery time di Indonesia Timur selama ini cukup lama dan jauh. Dengan adanya depo ini pengiriman ke Papua untuk reguler bisa kurang dari seminggu dan di wilayah Makassar bisa dilakukan di hari yang sama," beber Iboy.

"Proses pemesanan oleh bengkel ke depo Isuzu flow-nya sama seperti saat ini tapi untuk distribusinya kita kerjasama dengan diler, dengan parts shop maupun bisa langsung ke customer," lanjutnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas