Tribun Otomotif

Mobil Listrik

Toyota akan Jual Sedan Listrik di China Mulai Akhir Tahun Ini

sedan listrik bZ3 yang saat ini dikembangkan bersama dengan BYD China, akan menjadi model kedua dalam seri kendaraan listrik baterai (BEV)

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Toyota akan Jual Sedan Listrik di China Mulai Akhir Tahun Ini
ist
Toyota Motor Corp berencana untuk memulai produksi dan menjual sedan listrik kecil yang ditenagai oleh baterai BYD pada akhir tahun ini di China. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Toyota Motor Corp berencana untuk memulai produksi dan menjual sedan listrik kecil yang ditenagai oleh baterai BYD pada akhir tahun ini di China.

Dilansir dari Reuters, Kamis (29/9/2022) sedan listrik bZ3 yang saat ini dikembangkan bersama dengan BYD China, akan menjadi model kedua dalam seri kendaraan listrik baterai (BEV) "Beyond Zero" (bZ) baru dari Toyota.

Mobil bZ pertama, yang merupakan kendaraan sport bZ4X telah direncanakan masuk pasar China awal tahun ini, tetapi karena adanya penarikan mobil secara global memaksa Toyota untuk menangguhkan produksi model tersebut.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Diesel Segera Disuntik Mati, Ini Komentar TMMIN

Menurut sebuah sumber, Toyota sebenarnya telah merencanakan untuk mengungkap sedan listrik bZ3 di pameran mobil Beijing pada bulan April lalu, tetapi karena kasus Covid-19 di China saat itu sedang tinggi, maka Toyota membatalkan rencana tersebut.

“Mobil itu kira-kira berukuran sama dengan model Corolla, tetapi dengan bagian kursi belakang yang lebih besar,” kata sumber tersebut.

Meskipun Toyota belum memberikan keterangan terkait harga sedan listriknya tersebut, tetapi salah satu sumber mengatakan bahwa pembuat mobil kemungkinan akan menjual bZ3 dengan harga 200.000 yuan atau sekitar 28.000 dolar AS, hampir 30 persen di bawah Tesla Model 3.

Sedan listrik bZ3 akan diproduksi di Tianjin, China dengan target produksi 30.000 unit kendaraan per tahun.

Baca juga: Dianggap Terlalu Mahal, Toyota Hentikan Penjualan Crossover C-HR di Kanada

Pabrik tersebut dioperasikan bersama oleh Toyota dan salah satu dari dua mitranya di China yakni FAW Group.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas