Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Sensasi Nyetir Kendaraan Listrik Toyota BZ4X Seharga Rp 1,1 Miliar, Mobilnya Bisa Parkir Sendiri

Menyoal performa, bZ4X didukung dengan baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sensasi Nyetir Kendaraan Listrik Toyota BZ4X Seharga Rp 1,1 Miliar, Mobilnya Bisa Parkir Sendiri
Tribunnews.com/Lita Febriani
Test Drive Toyota BZ4X di QBig, BSD, Tangerang, Banten, Rabu (16/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Toyota Astra Motor (TAM) melaunching mobil listrik murni bZ4X pada Kamis (10/11/2022) di Raffles Hotel, Jakarta.

Mobil bergaya SUV 5-penumpang ini ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp 1,190 miliar dengan kuota sangat terbatas di tahun 2022, sekitar 50 unit.




Lalu, bagaimana performa mobil listrik dengan desain sporty ini?

Baca juga: Mau Langganan Mobil Listrik Toyota BZ4X Seharga Rp1,19 Miliar? Siapkan Dana Rp20 Juta per Bulan

Tribunnews.com berkesempatan menjajal bZ4X dalam sesi test drive singkat yang digelar Toyota Astra Motor di QBig, BSD, Tangerang, Banten, Rabu (16/11/2022).

Saat memasuki kabin, bZ4X menyajikan aura sporty dengan desain area kemudi baru layaknya kokpit pesawat. Bagian setir terasa lebih nyaman dipegang, sebab di desain lebih kecil dari kebanyakan setir mobil Toyota.

Untuk ukuran pengemudi dengan tinggi 158 cm, kabin area pengemudi terasa nyaman. Terlebih, pengaturan bangku telah menggunakan sistem elektrik. Khusus kemudi, pengendara bisa menyesuaikannya secara manual.

BERITA TERKAIT

Bagian legroom untuk kursi baris pertama maupun baris kedua terasa lega, jadi cukup nyaman jika dipakai untuk berkendara jarak jauh. Panoramic roof juga menambah kelegaan pada bagian kabin.

Baca juga: Toyota bZ4X Dipamerkan di Nusa Dua Bali Berbarengan dengan Gelaran Future SMES Village

Di bagian dashboard, Toyota menyematkan head unit berukuran 12,3 inci dan layar TFT 7 inci. Yang cukup menarik, tuas transmisi juga hadir dengan desain menarik, dimana untuk pergantiannya cukup memutar bagian tuas saja.

Di bagian sekitar tuas transmisi juga disediakan berbagai tombol parkir dan yang sangat menarik ialah tombol fitur canggih Advanced Park.

Fitur Advanced Park dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi dan menginjak gas sedikitpun. Untuk wanita, fitur Advanced Park akan sangat membantu tentunya.

Tribunnews.com beberapa kali mencoba fitur Advanced Park dan berhasil tanpa kendala. Tombol fitur ini berada di samping tuas transmisi.

Baca juga: Toyota Bakal Pasarkan Mobil Listrik BZ4X Bekas G20

Guna mendukung aktivitas penumpang dengan gadget-nya, Toyota menyematkan wireless charging pada area depan, lalu juga ada USB Type-C pada kursi baris pertama maupun baris kedua.

Menyoal performa, bZ4X didukung dengan baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 204 HP dan torsi 266 Nm untuk menciptakan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 km/jam dalam 2,9 detik.

Benar saja, saat dijajal dilintasan lurus kawasan BSD dengan jarak sekitar 1 km, akselerasi mobil dari 0-100 km/jam diberikan konstan, seakan tiada kendala untuk menyentuh kecepatan tersebut.

Bantingan setir juga terasa halus, sehingga memudahkan pengemudi saat akan melakukan manuver untuk menghindari kendaraan lain maupun saat berbelok di jalan.

Menyoal suspensi, setiap melewati jalan tidak rata maupun polisi tidur berhasil diredam dengan sangat halus. Kekedapan kabin pun sangat memuaskan.

Baca juga: Kuota Toyota BZ4X Hingga Akhir 2022 Terbatas, Hanya Tersedia 60 Unit

Dari hasil test drive singkat yang dilakukan, mobil dengan harga Rp 1,190 miliar ini patut untuk dipinang bagi peminat mobil listrik bergaya sporty, terlebih dengan fitur, performa dan tampilan yang sangat mumpuni sebagai mobil ramah lingkungan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas