Tribun Otomotif

Resesi Ekonomi

Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi Global pada 2023, BMW Astra Pakai Strategi Ini untuk Jaga Penjualan

BMW Astra optimistis Indonesia dan khususnya perusahaan mereka mampu menghadapi isu resesi ekonomi global pada tahun depan.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi Global pada 2023, BMW Astra Pakai Strategi Ini untuk Jaga Penjualan
Lita
Mobil listrik BMW iX yang dipamerkan di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta Timur, Senin (28/11/2022). -Lita Febriani- 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para ekonom dunia memprediksi akan terjadi resesi global pada 2023 yang dipengaruhi oleh perang Rusia-Ukraina.

Adanya resesi ekonomi global tentu akan berpengaruh pada seluruh sektor bisnis, termasuk industri otomotif.

Sebagai dealer BMW di Indonesia, BMW Astra optimistis Indonesia dan khususnya perusahaan mereka mampu menghadapi isu resesi tersebut.

"Kita selalu optimis. Contohnya waktu Covid kita jualannya naik dan kalau bicara tahun depan ekonomi akan gelap, kami telah memiliki inden manajemen," tutur Operation Manager BMW Astra Teguh Widodo, saat ditemui di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta Timur, Senin (28/11/2022).

Baca juga: 15 Unit BMW Siap Manjakan Pegolf Dunia di Indonesian Masters 2022

Sebagai informasi, akibat perang Rusia-Ukraina dan krisis chip semikonduktor, suplai mobil baru di BMW mengalami keterlambatan.

Dengan strategi inden manajemen, BMW Astra yakin konsumen akan tetap rela menunggu inden mobil dan ini akan berdampak baik pada penjualan bagi perusahaan.

"Jadi dengan inden manajemen ini kami optimis. Selain marketnya juga optimis, terhadap customer yang menunggu pun kita optimis. Karena kita punya inden manajemen, dimana kita memanusiakan konsumen dan tetap menganggap mereka. Bagaimana caranya agar konsumen ini merasa mereka menunggu tetapi juga diurusin segala keperluan pemesanannya oleh BMW Astra," ungkap Teguh.

Contoh dari inden manajemen yang diterapkan BMW Astra ialah mendekatkan diri ke konsumen melalui kegiatan Joy Cup dan Joy Fest.

Yang terbaru, BMW Astra menyiapkan 15 mobil BMW tipe sedan dan SUV sebagai official car untuk para pegolf dunia yang akan berlaga di turnamen golf BNI Indonesian Masters by TNE pada 1-4 Desember 2022 di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta Timur.

Chief Executive BMW Astra Sanfrantis Tanu, menuturkan pihaknya bangga menjadi bagian dalam kompetisi golf bergengsi dunia.

"Ini sesuai dengan komitmen BMW Astra untuk selalu mendukung perkembangan golf di Indonesia. BMW Astra menyediakan 15 mobil BMW tipe sedan dan SUV sebagai official cars yang kami harap dapat memberikan kenyamanan bagi para pemain," kata Sanfrantis dalam konferensi pers, Senin (28/11/2022) di Royale Jakarta Golf Club.

BMW Astra juga menghadirkan BMW 218i Gran Coupé sebagai hadiah hole-in-one di hole 15 (6 south) untuk memeriahkan kategori professional di Indonesian Masters.

"Kita setiap bulan melakukan gathering maupun kegiatan lainnya. Makanya jika tahun depan ada anggapan ekonomi gelap, kami di Astra BMW jujur tetap optimis karena tetap badai pasti berlalu. Jadi dengan inden manajemen ini customer tetap setia menunggu," imbuh Teguh.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas