Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

BMW Kembangkan Baterai Baru untuk Kendaraan Listrik, Diklaim Jauh Lebih Murah dan Canggih

baterai Gen 6 dari pembuat mobil saat ini sedang dikembangkan di BMW Group Battery Cell Center of Excellence di Munich, Jerman

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in BMW Kembangkan Baterai Baru untuk Kendaraan Listrik, Diklaim Jauh Lebih Murah dan Canggih
PANORAMIO
Logo BMW di kantor pusat BMW di Kota Munich. Rangkaian kendaraan listrik (EV) Neue Klasse masa depan BMW akan menampilkan sel baterai lithium-ion baru yang akan meningkatkan jangkauan hingga 30 persen. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN – Rangkaian kendaraan listrik (EV) Neue Klasse masa depan BMW akan menampilkan sel baterai lithium-ion baru yang akan meningkatkan jangkauan hingga 30 persen.

Dilansir dari Carscoops, baterai Gen 6 dari pembuat mobil saat ini sedang dikembangkan di BMW Group Battery Cell Center of Excellence di Munich, Jerman dan mengadopsi bentuk silinder.

Desain baru akan memungkinkan paket baterai dipasang langsung ke rangka kendaraan. Ini tidak hanya meningkatkan kekakuan sasis dan kualitas kendara, tetapi juga akan berkontribusi pada penghematan biaya sebesar 50 persen untuk paket baterai.

Baca juga: Subsidi Kendaraan Listrik, Motor EV di Thailand Rp 8 Juta Indonesia Rp 6,5 Juta

Adapun, pengisian daya baterai dari 10 hingga 80 persen juga akan memakan waktu lebih singkat daripada model EV BMW saat ini.

Auto News mencatat bahwa sel baru tersebut akan menggunakan lebih banyak nikel dan silikon serta menggunakan lebih sedikit kobalt.

Selain itu, produsen mobil asal Jerman itu juga akan menggunakan kobalt, nikel, dan litium daur ulang serta memproduksi sel menggunakan energi terbarukan.

Baca juga: Pemerintah Akan Subsidi Motor Listrik Rp6,5 Juta, Gaikindo Berharap Mobil Listrik Juga Diberikan

BERITA TERKAIT

“Kepadatan energi jauh lebih tinggi dari sebelumnya,” kata Simon Erhard dari BMW.

Di samping mengembangkan baterai untuk EV-nya, pabrikan mobil itu juga berencana untuk memproduksi sejumlah model crossover listrik berdasarkan platform Neue Klasse di pabrik Carolina Selatan, AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas