Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Mudik Bawa Mobil Listrik, Ini Daftar 14 Charging Station di Sepanjang Rest Area Tol Pulau Jawa

Pada mudik Lebaran 2023 ini BUJT dan mitranya menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mudik Bawa Mobil Listrik, Ini Daftar 14 Charging Station di Sepanjang Rest Area Tol Pulau Jawa
dok. PUPR
Pada mudik Lebaran 2023 ini BUJT dan mitranya menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi para pemilik mobil listrik yang ingin merasakan sensasi mudik untuk pertama kalinya ke kampung halaman di Pulau Jawa, tidak perlu was-was kehabisan daya di sepanjang perjalanan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan charging point atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol sepanjang Pantura Jakarta - Surabaya.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, mengatakan pada mudik Lebaran 2023 ini BUJT bersama mitra terkait telah menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol.

"Kami sebagai regulator penyelenggaraan layanan jalan tol tentunya menyambut positif inisiatif BUJT bersama mitra terkait. Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," tutur Endra, Rabu (13/4/2023).

Ke 14 SPKLU tersebut tersebar di beberapa ruas tol, yakni ruas tol Jakarta - Merak di rest area KM 13A, ruas tol Trans Jawa (Jakarta - Cikampek - Semarang - Solo - Surabaya hingga Probolinggo) yang terletak di rest area Km 6B, Km 208B, Km 389B, Km 456B, Km 519B, Km 616B, Km 207A, Km 379A, Km 519A, Km 626A dan rest area Km 695A.

Sedangkan dua titik SPLKU lainnya berada di ruas tol Jakarta - Bogor - Ciawi (Jagorawi) pada Rest Area Km 10A arah Bogor dan rest area Km 21B arah Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

Penyediaan SPKLU ini dilakukan karena jumlah mobil listrik yang telah meningkat cukup signifikan di Indonesia.

Baca juga: Hyundai Sediakan Layanan Charging dan Service Bergerak

Berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia sebanyak 15.437 unit sepanjang 2022. Jumlahnya melesat 383,46 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 3.193 unit.

Foto : Dokumentasi Kementerian PUPR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas