Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

PO Eka Mira Punya Tambahan 3 Armada Baru Legacy SR3 XHD Prime, Ini Spesifikasinya

Ketiga bus baru PO Eka dirakit menggunakan bodi model Legacy SR3 XHD Prime yang dipadukan dengan sasis Hino RM280 JSLU QJJ 280HP Euro 4.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PO Eka Mira Punya Tambahan 3 Armada Baru Legacy SR3 XHD Prime, Ini Spesifikasinya
Instagram Karoseri Laksana
Tiga bus baru PO Eka model Legacy SR3 XHD Prime buatan Karoseri Laksana dengan sasis Hino RM280 JSLU QJJ 280HP Euro 4. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Memasuki periode libur sekolah ini perusahaan otobus (PO) PT Eka Mira Prima Sentosa (EMPS) merilis tiga unit bus baru model Legacy SR3 rakitan Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah.

Ketiga bus ini resmi rilis dari Karoseri Laksana pekan lalu dan selanjutnya memperkuat jajaran armada kelas Patas di PO Eka.




Di bisnis transportasi, EMPS melayani dua kelas, yakni kelas Patas Eksekutif yang dilayani menggunakan nama PO Eka dan kelas ekonomi AC yang dilayani oleh PO Mira.

Mengutip Instagram @laksanabus, ketiga bus baru Eka dirakit menggunakan bodi model Legacy SR3 XHD Prime yang dipadukan dengan sasis Hino RM280 JSLU QJJ 280HP Euro 4.

Sasis Hino RM280 merupakan sasis terbaru dari Hino bermesin belakang dan merupakan sasis space frame, yang memungkikan perusahaan otobus merakitnya menjadi bus dengan desain bagasi yang tembus dan bisa diakses dari sisi kiri dan kanan badan bus.

Dengan demikian, bus bisa membawa lebih banyak barang bagasi termasuk muatan paket dan kargo. Ruang bagasi yang ekstra luas juga memungkinkan bus mengangkut sepeda motor.

BERITA TERKAIT

Eksterior bus baru ini menggunakan livery yang sama seperti selama ini bisa ditemukan pada bus-bus Patas PO Eka yakni warna abu-abu terang dengan kombinasi livery garis putus-putus berwarna merah, oranye, dan cokelat pada bodi samping.

Pada bagian depan, bus menggunakan kaca double glass yang dipisahkan oleh bando dengan aksen merah dengan aksen tengah krom. Sementara bagian atas bando bus tersebut juga dilengkapi dengan running teks.

Di bagian depan, bus ini menggunakan headlamp model terbaru Legacy SR3 yang desainnya menyatu dengan bumper dilengkapi lampu sein running LED di bagian tepi bumper.

Baca juga: Intip Mewahnya Bus Legacy SR3 dari Karoseri Laksana di GIIAS 2022

Bus dilengkapi sepasang spion model tanduk berkelir merah. Sejak rilis dari Karoseri Laksana, bus sudah dilengkapi dengan tulisan khas PO ini yakni Eka Cepat pada kaca depan.

Kemudian pada bagian interior, bus ini dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), kursi yang dilengkapi dengan reclinig seat dan leg rest dengan konfigurasi 2-2 di baris kiri dan kanan, TV LED, hingga toilet pada kabin belakang.

Baca juga: Dari Cileungsi ke Purwantoro Sekarang Bisa Berangkat Pagi Naik PO Haryanto

Di bagian dasbor sudah dilengkapi dengan screen LED, Untuk pencahayaan kabin digunakan lampu LED. Selain itu terdapat sekat pemisah antara kabin depan dengan ruang yang digunakan penumpang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas