Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Volvo Rilis Truk Listrik dengan Jangkauan 300 Km, Diprediksi Harga Tembus Rp 6,5 Miliar

Perusahaan logistik terintegrasi Swift Haulage Berhad menjadi pengadopsi pertama untuk truk listrik dari jajaran produk yang baru diluncurkan ini.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Volvo Rilis Truk Listrik dengan Jangkauan 300 Km, Diprediksi Harga Tembus Rp 6,5 Miliar
TRIBUNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Volvo FH 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Volvo secara resmi menghadirkan line up produk elektrik FH, FM dan FMX pertamanya di pasar ASEAN. Malaysia menjadi negera perdana yang akan mulai memasarkan truk listrik tersebut.

Perusahaan logistik terintegrasi Swift Haulage Berhad menjadi pengadopsi pertama untuk truk listrik dari jajaran produk yang baru diluncurkan ini.

Truk listrik Volvo ditenagai oleh powertrain listrik yang terdiri dari dua atau tiga motor yang menghasilkan daya hingga 490 kW (666 PS) dan torsi 2.400 Nm, dengan kapasitas baterai mulai dari 180 kWh hingga 540 kWh, terdiri dari dua hingga enam paket baterai.

Baca juga: Kerap Disebut Hino Louhan, HMSI Kini Hapus Penamaan Ranger, Dutro dan Profia di Line Up Truknya

Transmisi disalurkan melalui girboks I-Shift 12 kecepatan, seperti pada truk bermesin pembakaran Volvo, di ketiga lini model baru tersebut.

Aplikasi power take-off (PTO) untuk model FH Electric, FM Electric dan FMX Electric dapat berupa mekanik, elektromekanis atau elektrik.

Waktu pengisian baterai hingga daya penuh adalah 10 jam dengan pengisian daya 43 kW AC melalui koneksi Tipe 2 atau 1 jam 55 menit pada pengisian daya 250 kW DC melalui koneksi CCS2.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari Paultan, untuk sekali pengisian daya hingga penuh, truk listrik Volvo menawarkan jangkauan hingga 300 km dengan berat kombinasi bruto 44 ton (GCW), angka-angka ini berlaku di ketiga model FH Electric, FM Electric dan FMX Electric.

Dari tes independen yang dilakukan Volvo Trucks, menemukan bahwa FH Electric berpotensi menggunakan energi 50 persen lebih sedikit dibandingkan dengan tipe FH penggerak utama bertenaga diesel.

Konfigurasi yang tersedia adalah tata letak gandar 4×2, 6×2 dan 6×4, ketiga lini model dilengkapi gandar bersuspensi udara.

Model FH Electric, FM Electric dan FMX Electric menampilkan desain kabin aerodinamis untuk mengurangi hambatan angin, sehingga mengoptimalkan jangkauan baterai. Kisaran ini diidentifikasi secara visual oleh lampu LED berbentuk V khas Volvo Trucks.

Baca juga: Volvo Akan Rilis Minivan Listrik di China Tahun Ini

Di bagian dalam, rangkaian penggerak utama elektrik Volvo menampilkan Kemudi Dinamis untuk bantuan tambahan dalam mengemudikan truk, serta instrumentasi pengemudi menampilkan layar definisi tinggi 12 inci dengan cincin krom di sekelilingnya dan lampu halo untuk memudahkan penglihatan dan dengan demikian meningkatkan keselamatan.

Ini dilengkapi dengan tampilan samping 9 inci, berfungsi sebagai pusat sistem informasi kendaraan, yang dapat dikontrol oleh pengemudi melalui kombinasi kontrol sentuh dan tombol di roda kemudi, memberikan cara yang aman dan nyaman bagi pengemudi berinteraksi dengan sistem kendaraan.

Di antara fitur keselamatan pada jajaran penggerak utama elektrik adalah dukungan penghindaran tabrakan samping, yang merupakan jenis pemantauan titik buta untuk truk.

Fitur ini menggunakan radar untuk memantau area guna mencegah tabrakan dengan kendaraan lain di titik buta pengemudi truk saat berpindah jalur.

Mengenai harga, Volvo Trucks Malaysia mengungkap secara detil besarannya. Namun diprediksi Volvo FM Electric dengan enam paket baterai akan dilego mulai 2 juta Ringgit atau sekitar Rp 6,5 miliar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas