Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Buka GIIAS 2023, Menko Airlangga Berharap Penjualan Mobil di Atas 26 Ribu Unit Selama Pameran

GIIAS tahun ini mengusung tema Future Now, dimana akan menampilkan puluhan kendaraan elektrifikasi.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Buka GIIAS 2023, Menko Airlangga Berharap Penjualan Mobil di Atas 26 Ribu Unit Selama Pameran
Lita Febriani
Pembukaan GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan mulai digelar pada 10-20 Agustus di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Genap diselenggarakan selama 30 tahun, GIIAS kali ini mengusung tema Future Now, dimana akan menampilkan puluhan kendaraan elektrifikasi.

Tahun ini, GIIAS kembali menyoroti kelebihan, durabilitas dan fitur terkini dari kendaraan listrik, guna meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kembaran Alphard Bermesin Hybrid Bakal Mejeng di GIIAS 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengapresiasi penyelenggaraan GIIAS 2023 yang mengangkat tema Future Now tersebut.

"Pada tahun lalu transaksinya tinggi. Kita berharap transaksinya juga bisa lebih tinggi dari tahun lalu," tutur Airlangga saat membuka GIIAS.

Pada penyelenggaraan GIIAS tahun 2022, penjualan mobil di event ini mencapai 26.658 unit, dengan nilai transaksi lebih dari Rp 11 triliun, menurut data Gaikindo.

BERITA TERKAIT

"Minimal targetnya lebih baik, karena judulnya Future Now, harus lebih baik dari tahun lalu," ungkapnya.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyampaikan Gaikindo dan industri otomotif Indonesia terus mendukung upaya pemerintah mencapai Net Zero Emissions dengan mendorong model-model mobil baru yang ramah lingkungan.

"Kami terus memberikan edukasi mengenai transisi menuju penggunaan energi yang berkelanjutan serta kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," terang Nangoi.

GIIAS 2023 diikuti oleh 49 merek kendaraan penumpang, komersial dan juga kendaraan roda dua.

Sebanyak 34 merek kendaraan penumpang dan komersial diantaranya adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo dan Wuling.

Lalu 5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, serta UD Trucks.

Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari sepeda motor dan industri pendukung juga hadir di GIIAS 2023.

"GIIAS tahun ini hadir dengan jumlah merek kendaraan bermotor terbanyak, 49 merek kendaraan penumpang, komersil dan kendaraan roda dua. GIIAS 2023 menampilkan puluhan model dan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia, termasuk kendaraan berbasis listrik yang akan diperkenalkan oleh para peserta pameran GIIAS kali ini, mencerminkan tujuan dan komitmen dari industri otomotif Indonesia ikut menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat," ucap Nangoi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas